Halaman

Senin, 31 Maret 2014

Empat Alasan Kita Benci (tapi Kagum) pada Kecoa

Jarang ada manusia yang tidak menjerit ketika berhadapan dengan kecoa. Umumnya, orang akan berusaha ekstra keras menghindari makhluk menjijikkan ini dan jika seseorang berhadapan dengan kecoa, pilihannya ada dua : lari terbirit-birit atau terus menerus menyerang sampai mereka hancur menjadi debu.

Kebencian dramatis terhadap kecoa wajar saja ada jika pernah ada kecoak sepanjang 3cm yang merayap masuk ke telinga - baru-baru ini terjadi pada satu orang malang di Australia - dan kecoa itu harus dikeluarkan dengan operasi setelah usaha untuk mengisap keluar kecoa itu dengan vacuum cleaner gagal. Namun bagi kebanyakan orang, pertemuan dengan hewan bersayap ini sebenarnya tidak terlalu traumatis. Paling hanya dihinggapi kecoa terbang. Jadi apa yang telah dilakukan kecoa hingga mendapatkan kebencian sebesar itu?


Alasan 1 : Benci kaki mereka yang sangat banyak dan bentuknya seperti kaki alien. 
Fakta unik : Sebenarnya mereka hanya memiliki tiga pasang kaki, tapi ketika berjalan pada kecepatan tertinggi - 27 langkah dan 50 kali panjang tubuh mereka per detik - pasti mereka akan terlihat seperti memiliki ratusan kaki. Enam kaki mereka bekerja secara sinkron untuk memastikan mereka dapat bergerak dengan kecepatan yang mengerikan di atas segala medan yang tidak rata, menaiki dinding, langit-langit dan tentu saja menaiki kaki kita. Ada sedikit fakta unik lain dari kecoa - ketika berlari, kecoa bisa mendirikan tubuh jelek mereka dan berjalan dengan dua kaki belakang mereka.

Alasan 2 : Mereka memiliki bau menjijikkan yang membuat kita langsung membuang muka.

Fakta unik : Kita mungkin berpikir bau kecoa begitu mengerikan karena mereka nongkrong di gorong-gorong sepanjang hari, namun alasan sebenarnya jauh lebih buruk. Bau seperti minyak yang menusuk indra penciuman sebenarnya adalah feromon alami dari kotoran dan kelenjar bau kecoa. Baunya cukup untuk membuat kita muntah, tapi kecoa di musim kawin akan merasa bahwa bau ini sangat seksi. Kecoa juga menyemburkan feromon ketika mereka menemukan tempat yang mereka inginkan sebagai sarang koloni mereka. Ini adalah undangan untuk kecoa lain.

Bau mereka bahkan tidak hilang setelah mereka mati. Sebuah studi menemukan bahwa tubuh kecoa yang membusuk mengeluarkan ‘bau kematian’ unik untuk memperingatkan teman-temannya bahwa ada predator, virus atau racun yang mengintai mereka.

Alasan 3 : Benci antena mereka.  

Fakta unik : Kita mungkin merasa satu-satunya tujuan antena makhluk ini adalah untuk menakuti, tapi mereka juga digunakan sebagai perasa, pembau dan merasakan hal-hal dengan akurasi yang sangat mengagumkan. Ilmuwan menemukan bahwa kecoa yang antenanya dipotong tidak tahu apa yang harus dilakukan ketika menghadapi rintangan. Kecoa kadang memilih untuk menabraknya berulang kali bukannya memanjat seperti ketika antenanya masih utuh.

Antena mereka secara mengesankan beradaptasi dengan fungsi mereka. Masing-masing antena memiliki 140 segmen yang penuh dengan rambut sensitif dan lima otot untuk memastikan mereka bekerja dengan tepat.


Alasan 4 : Rambut di kaki mereka sangat menjijikkan.  

Fakta unik : Kaki berbulu mungkin terlihat seksi pada laki-laki, tetapi pada kecoa, mereka jelas sangat tidak seksi. Jika pernah mencoba untuk menepis kecoa dari pakaian atau merasakan kakinya pada kulit, kita akan menyadari rambut tersebut sama sekali tidak lembut dan halus. Mereka kaku, berduri dan bisa berpegangan pada setiap permukaan yang mereka suka. Setiap rambutnya diciptakan dengan presisi luar biasa untuk memberikan traksi optimal ketika mereka dikejar dan harus masuk ke lubang yang sempit.

Kecoa memiliki dua tulang belakang khusus pada pantat mereka yang disebut Cerci yang juga ditutupi dengan rambut. Bagian ini dapat mendeteksi tiupan angin yang terkecil, memungkinkan mereka untuk lari dengan cepat dari ancaman, misalnya hantaman koran yang digulung dari seseorang yang kesal melihatnya berseliweran di rumah.

Rambut mereka bahkan telah berevolusi khusus di kaki belakang mereka sebagai kait, yang memungkinkan mereka untuk membalikkan tubuh mereka dan terus berjalan terbalik tanpa menghentikan langkahnya. 


Kamis, 27 Maret 2014

Mau Tahu Siapa Manusia Paling Online di Dunia?

Liputan6.com, Sebagian orang mungkin ada yang merasa tidak bisa lepas dari gadget agar dapat terhubung ke internet dan mengakses media sosial. Namun lain halnya dengan pria ini.

Chris Dancy, pria berusia 45 tahun asal Denver ini justru hidup dikelilingi banyak teknologi dan gadget. Dancy menggunakan 700 sistem komputer untuk memantau setiap pergerakan hidupnya.

Ia dikenal sebagai manusia paling online di dunia. Bagaimana tidak, ia menggunakan beragam sensor, wearable device, layanan dan beragam aplikasi untuk mengumpulkan data-data kesehatan tubuhnya dan lingkungan sekitarnya secara real-time.

Di pergelangan tangannya ia menggunakan mengenakan gelang perekam kesehatan tubuh dari Fitbit dan jam tangan pintar Pebble. Sekeliling rumahnya juga dipenuhi dengan konektivitas Wi-Fi. Dancy juga melacak aktivitas sehari-hari kedua anjingnya melalui sistem GPS untuk hewan, bernama Tagg.

Dengan wearable device  yang dipakainya ia bisa memantau denyut jantungnya. Rumahnya dikelilingi sensor sistem pencahayaan yang dapat dikontrol lewat smartphone, untuk dapat mengatur temperatur udara di dalam rumah serta mengontrol lampu di rumahnya. Bahkan kasur tempat ia tidur juga bisa mengumpulkan data-data aktivitas tidurnya.

Semua ini dilakukannya agar ia memiliki dan menggunakan data-data tersebut untuk memonitor pola hidup dan kesehatannya. Dengan teknologi dan gadget, Dancy mengaku sudah mendapatkan manfaat yang besar.

Dulu ia sangat gemuk, dan kini sudah berhasil menurunkan berat badannya hingga 45 kg. "Aku sekarang jadi tahu apa yang harus diminum, apa yang harus dimakan, kapan harus tidur dan kapan harus bangun", tuturnya sebagaimana dilansir Dailymail.

Kebutuhan Tidur Sesuai Usia

KOMPAS.com – Tidur adalah kebutuhan dasar setiap orang. Tidur yang cukup berharap bisa menjaga stamina dan kesehatan tubuh. Bagi anak, kecukupan tidur diharapkan bisa menunjang tumbuh kembang dan menjaga konsentrasinya saat bersekolah. Karena itulah setiap orang harus memenuhi kebutuhan tidur yang durasinya disesuaikan dengan usia. 

Pola tidur yang dijalani sebagian besar orang adalah monophasic, yakni pola tidur selama beberapa jam dalam satu waktu tertentu. Namun sebagian orang mengabaikan pola ini dan memiliki kebiasaan tidur polyphasic atau pola tidur mirip kucing (catnaps). Kebiasaan tidur di mana dan kapan saja ini memengaruhi pengaturan pola hidup sehari-hari. 

National Sleep Foundation, lembaga nirlaba yang fokus pada kebutuhan tidur, mengeluarkan daftar berapa lama kebutuhan tidur seseorang berdasarkan usia. Kebutuhan tidur yang terpenuhi sesuai saran akan menghasilkan komunitas mayarakat yang lebih baik. 
Berikut daftarnya: 
 * Dewasa usia 18 ke atas : 7-9 jam 
* Remaja 11-17 tahun : 8,5 - 9,5 jam 
* Anak usia sekolah 5-10 tahun : 10 - 11 jam 
* Anak usia prasekolah 3-5 tahun : 11 - 13 jam 
* Batita 1-3 tahun : 12 - 14 jam 
* Bayi 3-11 bulan : 14 - 15 jam
 * Bayi baru lahir 0-2 bulan : 12 - 18 jam 

Kisaran jam tidak berarti seseorang bisa memilih kebutuhan tidurnya. Kisaran ini digunakan untuk memperkirakan kebutuhan dasar (basal sleep needs), sekaligus utang tidur (sleep debt) tiap harinya. Kebutuhan dasar tidur merujuk pada kebutuhan dasar untuk istirahat. Angka ini adalah jumlah tidur yang diinginkan tubuh pada setiap malam. Bila kebutuhan tersebut terpenuhi, maka bisa dipastikan orang tersebut beristirahat dengan baik. Bila kebutuhan tersebut tidak terpenuhi maka segera pertimbangkan utang tidur. 

Utang tidur adalah jumlah jam tidur yang tidak didapatkan tubuh. Bila seseorang tidak tidur pada malam sebelumnya, bisa dipastikan konsentrasi dan energi akan menurun hingga beberapa hari setelahnya. Utang tidur mungkin saja dibayar pada malam-malam setelahnya. Namun efek akibat kurang tidur tidak bisa diperbaiki.



Rabu, 26 Maret 2014

Facebook Akuisisi Oculus VR

Monexnews - Facebook mengakuisisi produsen kaca virtual-reality untuk permainan, Oculus VR, senilai $2 miliar. Ini merupakan upaya Facebook untuk merambah segmen peralatan wearable dan pertama kalinya Facebook membeli perusahaan yang fokus di segmen hardware. Oculus Rift merupakan produk andalah Oculus VR yang merupakan virtual-reality headset yang digunakan untuk game dan berpotensi untuk dikembangkan lebih lanjut untuk pendidikan, film, arsitek, dan design. 
Facebook sepertinya tengah berupaya untuk mengantisipasi perubahan industri teknologi setelah sebelumnya telah mengantisipasi pergeseran fokus konsumen dari komputer pribadi ke smartphone. Facebook utarakan teknologi virtual-reality dapat menjadi platform sosial dan komunikasi berikutnya. "Sejarah menunjukan, setiap 10 atau 15 tahun akan ada perubahan platform yang drastis ... mulai dari komputer, web, dan sekarang mobile," tutur CEO Facebook, Mark Zuckerberg. Facebook menegaskan tidak ingin menjadi perusahaan hardware dan tidak berniat mendapatkan keuntungan dari penjualan instrumen untuk jangka panjang.

Selasa, 25 Maret 2014

Kospi Terseret Suasana Koreksi Pasar Asia

Monexnews - Hingga sesi siang di perdagangan hari Selasa (25/3), indeks KospiKorea Selatan masih terjebak di zona merah lantaran terbawa suasana pasar Asia yang lesu di tengah kekhawatiran perlambatan ekonomi dunia menyusul buruknya data manufaktur dari China dan Amerika.

Setelah data manufaktur PMI dari HSBC-China yang mengalami kontraksi di bawah level 50, kini giliran aktivitas manufaktur PMI dari Amerika Serikat (AS) yang menyusut ke level 55.5 di bulan Maret dari bulan sebelumnya di angka 57.1.
Di lantai bursa Seoul nampak saham defense (pertahanan) mengalami tekanan setelah muncul kabar bahwa pemerintah telah menaikkan anggaran pertahanan udara senilai $ 6.79 milyar untuk pemesanan 40 pesawat jet tempur Lockheed Martin. Tercatat saham Huneed Tek melemah 0,1% dan saham Firstec terkoreksi 1%.

Senin, 24 Maret 2014

Indeks Manufaktur PMI Jerman 53.8 (Maret) Vs. 54.8 (Februari). Estimasi 54.7

Konsep Terbaru Honda

Tokyo (ANTARA News) - Produsen otomotif asal Jepang, Honda, pada Jumat meluncurkan dua jenis sepeda motor model NM4 di gelaran Osaka Motorcycle Show 2014.

NM4 dikembangkan di bawah kata kunci "Neo-futuristic" dan "COOL", yang menunjukkan gaya baru dan unik.

Menurut laman Japan Today, sepeda motor ini dirancang untuk mewujudkan dua hal, yakni konsep desain "Front Massive Styling" dan "posisi kokpit" yang fokus pada perasaan menyatu dengan pengendara.

Bentuk rendah posisi kokpit dan sandaran yang dapat disesuaikan, memberikan perasaan menyenangkan dalam berkendara.

Instrumen panel dirancang untuk memberikan informasi yang jelas dan berkendara menyenangkan, seolah-olah pengendara sedang berada dalam suatu adegan film.

Lampu LED yang digunakan pada lampu depan, lampu belakang dan lampu sein tampak begitu kuat.

Selain itu, terdapat dua kotak yang ditempatkan di sisi kiri dan kanan untuk menyimpan barang-barang kecil.

Dua tipe NM4 ini, yang hanya dikonfigurasi sebagai NM4-01 dan NM4-02, memiliki sejumlah perbedaan.

NM4-01 menekankan model yang lebar, ban belakang dinamis dan garis atraktif rendah. Sementara NM4-02 menekankan model yang unik dan memiliki desain belakang yang menonjol, yang terdapat kotak utilitas di bodi bagian belakang.

NM4 juga akan dipamerkan pada ajang Tokyo Motorcycle Show ke 41 pada 28 - 30 Maret di Tokyo Big Sight.