Halaman

Rabu, 26 Desember 2012

Bursa Asia Kuat Pasca Libur

Monexnews -Bursa Asia bergerak naik dengan saham Jepang yang kembali diuntungkan oleh pelemahan yen. Namun perdagangan tercatat masih tipis di tengah minimnya petunjuk baru pasar AS dan Eropa yang ditutup untuk natal. Perhatian pasar masih tertuju pada kesepakatan anggaran AS. 
Para pemangku kebijakan AS akan kembali melakukan negoisasi setelah libur natal dan diharapkan akan menghasilkan solusi bagi permasalah fiscal cliff AS. Nikkei naik 0.4%, melanjutkan gain kemarin yang kemarin tercatat naik 1.4% setelah yen melanjutkan pelemahannya. Mr. Abe dijadwalkan akan mengumumkan jajaran kabinetnya hari ini (26/12) setelah resmi terpilih sebagai perdana menteri Jepang yang baru. "Yen masih menunjukkan pelemahannya dan tidak terlihat rebound berarti saat ini," jelas Daisuke Uno, analis Sumitomo Mitsui Banking Corp. Bagaimanapun kebijakan moneter Bank of Japan menjadi faktor penentu pasar saat ini.
Target dollar-yen berikutnya di 85.53 sampai dengan tahun fiskal yang berakhir Maret 2013. Level 86-87 tampaknya akan tercapai. Dolar AS saat ini di Y85.18 terhadap yen Jepang setelah sebelumnya menyentuh level tinggi 20 bulan di Y85.38. Euro di Y112.28 dari Y111.84 hari Rabu pagi di Asia. Saham eksportir, perusahaan keuangan dan real estate mendapat keuntungan dari langkah pelonggraan yang dilakuakn Abe dan juga upaya untuk menekan pergerakan yen.
Sony +2.8%, Nomura Holdings +2.6%, Daiwa Securities Group +2.2%, dan Mitsui Fudosan +0.6%. Indeks Shanghai Composite naik 0.1% dengan saham properti memimpin gain. Poly Real Estate +2.3%. Sementara Kospi Korea Selatan naik 0.8% dengan saham Samsung Electronics naik 1.4% dan saham produsen mobil Hyundai Motor naik 1.1%. Pasar Australia, Selandia Baru dan Hong Kong masih ditutup untuk hari libur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar