Halaman

Senin, 18 Maret 2013

Butuh 5 Juta Wiraswasta Agar RI Bisa Menjadi Negara Maju

Liputan6.com, Jakarta : Pemilik bisnis CT Corp, Chairul Tanjung, menyatakan untuk bisa tampil menjadi negara maju, Indonesia harus mampu memenuhi persyaratan memiliki wirausaha yang banyak. Banyaknya para pencipta lapangan kerja ini diyakini mampu mengatasi pengangguran di tanah air.

"Negara kita kalau mau maju syaratnya kita harus memiliki wirausaha yang jumlahnya banyak," kata Chiarul Tanjung dalam diskusi Kewirausahaan, di Gedung Smesco, Jakarta, Minggu (17/3/2013).

Menurut lelaki yang akrab disapa CT, angka yang ideal sebuah negara memiliki wirausaha adalah 2% dari jumlah penduduk Indonesia yang saat ini mencapai 250 juta orang. Dengan angka tersebut, akan terbuka lapangan kerja baru yang bisa memberikan kesempatan rakyat Indonesia bekerja.

"Kalau 250 juta penduduk, harusnya ada 5 juta pengusaha. Maka tidak akan ada pengangguran di republik ini tidak ada kemiskinan di republik ini, jadi pengusaha itu penting," ungkapnya

Selain itu, menurut Chairul Tanjung, wirausaha harus memiliki modal kejujuran yang bersumber dari moral yang baik. Persoalan moral seorang wirausaha merupakan modal yang tidak bisa ditawar lagi.

"Kalau kita punya moral yang baik kita akan membuat kepercayaan, moralitas hal yang tak bisa ditawar bagi pengusaha," jelasnya.

Ditambahkannya, untuk memulai usaha, setiap individu dapat memulainya dari hal-hal kecil yang dilakukan secara bertahap. "kalau tidak seperti itu, kita bisa kepleset. Jadi mulailah usaha itu setahap demi setahap," kata dia. (Pew/Shd)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar