Halaman

Kamis, 13 Maret 2014

5 Cara Turunkan Berat Badan Meski Hobi Makan

Jakarta, Mereka yang punya hobi makan seringkali mengaku sulit untuk mengatur nafsu makan dan 'menolak' makanan, apalagi jika sedang berada di luar rumah. Nah, untuk itu tips diet yang dilakukan pun harus sedikit berbeda agar risiko kegemukan bisa dihindari.

Dikutip dari Boldsky, Kamis (13/3/2014), beberapa tips yang dapat dilakukan oleh para pencinta makanan di antaranya:

1. Seimbangkan protein, lemak dan karbohidrat
Ingin turun berat badan tanpa mengurangi porsi terlalu banyak? Prinsipnya adalah keseimbangan. Seimbangkan asupan jumlah lemak, protein dan karbohidrat. Meskipun penting, mengonsumsi salah satunya secara berlebihan dapat berakibat buruk bagi kesehatan. Cobalah hindari lemak jahat dan tambahkan lebih banyak lemak sehat dalam diet Anda.

2. Rajin minum air putih
Untuk diet jenis apapun, asupan air merupakan bagian yang tidak terpisahkan. Oleh karena itu, mereka yang hobi makan juga dianjurkan untuk cukup minum air putih. Air putih membantu mengurangi rasa lapar dan menyeimbangkan sistem pencernaan tubuh.

3. Katakan 'tidak' pada minuman beralkohol
Tidak minum minuman beralkohol berarti mencegah asupan gula buatan yang biasa digunakan dalam alkohol, minuman bersoda dan minuman manis lainnya. Gula diketahui dapat meningkatkan kandungan lemak dalam tubuh. Oleh sebab itu, mengurangi asupan gula akan membantu menurunkan berat badan bagi mereka yang hobi makan.

4. Latihan
Kalori yang masuk melalui makanan akan cepat terbakar jika Anda rutin berolahraga. Jangan membuat banyak alasan untuk tidak berolahraga. Sebagai langkah awal cobalah untuk bergabung ke gym atau rutin berjalan kaki setiap pagi. Ingat, olahraga sangat penting jika Anda ingin menurunkan berat badan tanpa 'mengorbankan' porsinya.

5. 'Membagi' makanan secara bijak
Untuk diet yang lebih sehat, Anda disarankan untuk tidak makan semua makanan sekaligus. Sebaiknya Anda membagi makanan dalam jarak waktu dan porsi yang sama. Setidaknya konsumsi 4-5 porsi kecil makanan dalam sehari. Selain itu, seimbangkan juga asupan seperti protein, karbohidrat, vitamin dan lemak dalam menu makan sehari-hari.

(ajg/vit)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar