Halaman

Selasa, 03 April 2012

Musim Pancaroba, Demam Berdarah Patut Diwaspadai

Liputan6.com, Semarang: Pada musim pancaroba saat ini, demam berdarah dengue atau DBD menjadi ancaman kesehatan yang patut diwaspadai. Di beberapa daerah, jumlah penderita DBD di rumah sakit masih cukup tinggi.

Di Rumah Sakit Telogorejo, Semarang, Jawa Tengah, misalnya. Memasuki April ini terdapat tujuh pasien DBD yang menjalani rawat inap. Bulan sebelumnya, jumlah penderita terdata mencapai 48 orang.

Meski menunjukkan angka penurunan, warga diimbau tetap waspada, serta senantiasa menjaga kebersihan lingkungan. Hujan yang masih turun pada musim pancaroba ini memungkinkan nyamuk untuk bekembang biak.

Sementara di Jombang, Jawa Timur, sejumlah juru pemantau jentik nyamuk atau jumantik di Desa Sentul secara rutin mendatangi rumah warga. Mereka memeriksa ada-tidaknya jentik nyamuk pada bak dan tempat penampungan air mereka.

Langkah ini kian digalakkan sejak wilayah tersebut ditetapkan sebagai daerah endemis demam berdarah. Selain memburu jentik nyamuk dan menaburkan bubuk abate, para jumantik juga menyingkirkan aneka benda. Terutama yang bisa menampung air dan menjadi tempat berkembangnya jentik-jentik.(ANS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar