Halaman

Senin, 09 April 2012

Napak Tilas Perjalanan Titanic Dimulai

Liputan6.com, Southampton: Tak kurang dari 1.300 penumpang, Ahad (8/4) kemarin memulai pelayaran dari Kota Southampton, Inggris, untuk menapaki rute kapal Titanic yang tenggelam bulan ini di Lautan Atlantik, 100 tahun silam. Para penumpang dari 28 negara menggunakan kapal MS Balmoral dan akan singgah di pelabuhan di utara Prancis dan selatan Irlandia sebelum tiba di New York dalam 12 hari mendatang.

Ketika berada di Atlantik, MS Balmoral akan berhenti di lokasi tenggelamnya Titanic dan para penumpang akan menggelar upacara untuk mengenang para korban kapal raksasa yang nahas tersebut. Titanic karam dalam pelayaran perdana ke New York pada 15 April 1912 setelah menghantam gunung es, menewaskan sekitar 1.500 orang.

Kantor berita Inggris Press Association memberitakan pelayaran MS Balmoral diatur semirip mungkin dengan perjalanan Titanic. Panitia antara lain membawa jumlah penumpang yang sama (1.309 orang) dan bahkan menu yang dihidangkan selama 12 hari perjalanan ini sama dengan menu yang dulu dinikmati para penumpang Titanic. Selain itu akan ada seminar yang diisi oleh para ahli Titanic.

Jane Allen, salah satu keluarga korban Titanic, bersama sang suami mengikuti napak tilas ini untuk menghormati adik kakeknya yang meninggal ketika Titanic karam. "Saya kira penting untuk selalu mengingat mereka, para korban Titanic," kata Jane Allen kepada BBC. "Kejadian tenggelamnya Titanic adalah peristiwa yang luar biasa," tambahnya.

Titanic tidak hanya menarik perhatian di Inggris. Para penumpang MS Balmoral berasal dari Australia, Kanada, negara-negara Karibia, Prancis, Jerman, Irlandia, Norwegia, Swedia, Swiss, negara-negara Amerika Selatan, Amerika Serikat, dan tentu saja Inggris, seperti Jane Allen.

Film tentang tenggelamnya Titanic yang dibintangi Kate Winslet dan Leonardo DiCaprio menjadi hit ketika diputar di layar lebar pada 1997. Tahun ini film arahan James Cameron tersebut diluncurkan ulang dalam versi tiga dimensi.(ADO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar