Halaman

Kamis, 19 April 2012

Produsen BlackBerry Akan Manjakan Indonesia dan India

KOMPAS.com - India dan Indonesia akan menjadi negara tujuan pasar potensial bagi Blackberry. Kedua negara ini menjadi andalan Research In Motion (RIM) setelah pangsa pasarnya di Amerika Serikat dan Eropa merosot.

Agar bisa meningkatkan pangsa pasar di Asia, RIM baru-baru ini meluncurkan ponsel BlackBerry termurah di India. BlackBerry Curve 9220 ini juga akan diluncurkan di Indonesia dalam waktu dekat.

Karena harganya murah, ponsel pintar ini akan menyasar kalangan menengah bawah yang merupakan pangsa terbesar ponsel di kawasan Asia.

RIM berharap, produk murah yang akan diluncurkan di Indonesia ini akan menjadi produk yang akan memperkuat pangsa pasar RIM. Maklum, saat ini pangsa pasar RIM terus digerogoti ponsel berbasis Android maupun iPhone.

Niat RIM untuk memperbesar pasar di India dan Indonesia mengacu pada pertumbuhan ekonomi di kedua negara ini. RIM menyasar pangsa pasar yang lebih muda, terutama mahasiswa.

Selain kalangan muda, BlackBerry juga menyasar kalangan profesional yang selama ini sangat terbantu dengan fasilitas BlackBerry Messenger (BBM).

Di Indonesia, RIM saat ini memiliki memiliki 7 juta pelanggan dari jumlah populasi penduduk sebanyak 230 juta. Sementara di India, RIM menguasai pasar 15% sementara 38% masih dipimpin oleh Nokia. (Asnil Bambani/KONTAN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar