Halaman

Jumat, 18 Juni 2010

Toyota Serbu Amerika

Liputan6.com, Missisipi: Toyota Motor berencana untuk melanjutkan pekerjaan dalam membangun pabrik di negara bagian Amerika Serikat, Mississippi, di mana produksi mobil kompak akan akan dimulai pada paruh kedua tahun depan. Keluaran mobil kompak tahunan pada awal produksi di pabrik ini mungkin sekitar 100.000 unit.

Sebelumnya, Toyota menghentikan pembangunan pabrik akibat penurunan tajam dalam penjualan setelah krisis keuangan di tahun 2008. Tetapi perusahaan tersebut dapat keluar dari masa terburuk yang pernah dilaluinya dengan pemulihan dalam penjualan yang signifikan di Amerika Utara.

Toyota diharapkan dapat menghasilkan model popular, Corolla, di pabrik Mississippi. Sampai saat ini, Corolla untuk pasar Amerika Serikat telah diproduksi di pabrik bersama Toyota-GM di California sebelum pabrik ditutup awal tahun ini. Sejak itu, Corolla diekspor ke pasar AS dari Jepang. Namun tampaknya, ekspor mobil Corolla sudah terkena imbas dari nilai mata uang yen terhadap dolar.

Toyota dinilai akan lebih baik apabila menggeser produksi Corolla kembali ke Amerika Serikat secepatnya. Toyota Amerika Utara diharapkan akan membuat pengumuman resmi etrkait rencana ini dalam waktu dekat.(NHK/DES/AYB)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar