Halaman

Selasa, 04 Oktober 2011

Tesla, kendaraan sport listrik kelas atas

Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan mobil listrik Tesla Motors membuka pabriknya untuk para pembeli yang tertarik memiliki sedan model S.

Seperti dilaporkan Reuters, pada malam minggu para calon pemilik yang sudah membayar uang muka mendapat kesempatan melihat langsung pabrik Tesla di Fremont, California.

Bos Tesla sekaligus tokoh pendiri eBay, Elon Musk, menyampaikan permintaan.

"Kami minta tolong," katanya kepada ratusan hadirin. Dia mengaku banyak orang menganggap proyek Model S hanya angan-angan. Jadi, dia mengharapkan dukungan para pembeli itu untuk mempromosikan bahwa Model S bukanlah "bohongan".

Musk mengatakan Model S akan diluncurkan lebih cepat dari rencana. Kendaraan itu bisa melesat dari diam ke 100km/jam dalam waktu 4,5 detik.

Baterai tersedia dalam tiga pilihan yaitu dengan jarak tempuh 257 km, 370 km dan 483 km.

Model S adalah sedan pertama dari Tesla dan para pembeli yang sudah membayar uang muka akan mendapatkan kendaraan itu pada 2012.

Keistimewaan kendaraan itu adalah sepenuhnya digerakkan tenaga listrik, jadi mendapat potongan pajak federal pemerintah AS sebesar 7.500 dolar. Harganya jadi sekitar 58 ribu dolar.

Salah satu saingan sesama kendaraan sport mewah tenaga listrik adalah Karma buatan Fisker Automotive.

Tesla, perusahaan yang bermarkas di Palo Alto, California, didukung oleh berbagai perusahaan besar bidang permodalan. Mereka juga mendapat dukungan dari bos Google Sergey Brin dan Larry Page dan pinjaman 465 juta dolar AS dari pemerintah AS.
(A038)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar