Halaman

Selasa, 07 Mei 2013

Lembut Segar Aamras, Dessert Mangga Asal India

Jakarta - Buah kuning yang manis dan harum ini memang cocok jadi menu penutup. Di India, mangga diolah jadi dessert enak dan dan segar bernama aamras. Terbuat dari buah mangga yang dihaluskan dan dicampur dengan susu. Rasanya segar manis dan lembut di lidah!

Buah bernama binomial mangifera indica ini selalu jadi buah dessert favorit. Antara lain dibuat menjadi puding mangga, dengan mencampurkan buah mangga yang sudah dihaluskan dengan bubuk agar-agar, susu dan putih telur. Di Thailand, ada juga menu khao niao mamuang, yang memadukan nasi ketan yang legit dengan irisan mangga segar.

Sebutan aamras sendiri diambil dari dua suku kata, aam yang berarti mangga dan ras atau jus. Aamras memang mirip jus mangga, namun dengan tekstur yang lebih kental dan penggunaan susu yang lebih banyak. Di India, aamras sangat populer di wilayah Gujarat dan juga Maharashtra.

Pembuatan dessert lembut ini cukup sederhana. Langkah pertama adalah dengan mencuci dan mengupas mangga, kemudian dipotong kecil. Daging buah mangga tersebut dihaluskan dengan blender.

Dalam wadah terpisah, campurkan gula dan susu bersama. Campuran tersebut kemudian ditambahkan ke dalam mangga yang sudah dihaluskan. Untuk 1 kg mangga, biasanya ditambahkan 200 gram gula halus dan juga 500 ml susu. Aamras paling segar jika disajikan dingin, dan dinikmati usai menyantap hidangan utama.

Biasanya, aamras tak dinikmati sendirian. Aamras sering disajikan bersama poori, atau roti goreng yang dibuat dari adonan tepung terigu, garam, air, juga sedikit minyak. Dibentuk membulat dan bertekstur renyah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar