Halaman

Kamis, 30 Mei 2013

ZBee Pengganti Bajaj di Jakarta?

VIVAnews – Polusi udara dan kemacetan kota Jakarta, membuat masyarakat menuntut akan kendaraan umum ramah lingkungan. Hal itu, dalam waktu dekat akan segera terealisasi dengan kahadiran ZBee.

Tentunya, jika ZBee benar meluncur, kehadiran kendaraan asal India, Bajaj akan tergerus dan hilang.

Keberadaan pengganti bajaj asal Swedia ini telah diperlihatkan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat kunjungan kenegaraan kemarin. Kemudian, kendaraan ini akan diresmikan di Balaikota Jakarta, oleh Gubernur DKI Jakarta, Juni mendatang.

ZBee sendiri merupakan motor listrik yang ramah lingkungan. Selain itu, kendaraan ini diklaim akan sangat mudah dan lincah untuk dikendarai. 

Jika dilihat, ZBee memang terlihat seperti bajaj. Namun, bajai listrik abad 21 ini memiliki desain lebih futuristik dan modern, ketimbang bajaj yang sering ditemui di Jakarta saat ini.

Bahkan, untuk masalah keamanan, ZBee juga telah dilengkapi tiga sabuk pengaman, yang tersematkan untuk pengemudi dan penumpang.

Dilansir Clean Motion, Kamis 30 Mei 2013, dengan warna khasnya putih dan bentuk yang mungil, Zbee memiliki panjang 2.400 mm, lebar 1.250 mm, dan tinggi 1.500 mm. Kendaraan ini memang cocok digunakan di perkotaan serta mudah saat melakukan parkir.

Meski kecil, kendaraan berkapasitas tiga penumpang ini juga memiliki bobot yang sangat ringan, yaitu hanya 230 kilogram. Selain itu, motor listrik roda tiga ini diklaim tidak mengeluarkan suara bising serta bebas polusi udara.

Karena menggunakan tenaga listrik, untuk menyimpan daya Zbee akan menggunakan baterai Li-lon. ZBee sanggup menghabiskan listrik sebanyak 4 kWh/100 kilometer, dan mampu melaju hingga 35-70 km, dengan kecepatan maksimum mencapai 45 km/jam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar