Halaman

Jumat, 29 Juni 2012

Lima Maskapai Penerbangan Terbaik di Dunia, Didominasi Asia

(Vibiznews - Business) - World Airline Awards untuk tahun ini kembali diumumkan. Momentum tersebut merupakan penghargaan tahunan yang memfokuskan kepada sebuah penghargaan kepada maskapai-maskapai penerbangan dunia yang memiliki prestasi terbaik dari segi pelayanan, ketepatan waktu, kecanggihan teknologi, kebersihan hingga enak atau tidaknya makanan yang disajikan didalam sebuah pesawat. Indikator-indikator tersebut merupakan parameter dalam penghitungan nilai sebuah maskapai untuk menjadi yang terbaik di dunia. World Airline Awards mengambil survey dari 18,8 juta maskapai penerbngan yang tersebar di seluruh dunia dan menghasilkan 10 maskapai penerbangan yang menjadi favorit di seluruh dunia. Langsung saja kita lihat lima posisi teratas maskapai penerbangan terbaik tersebut hasil publikasi dari CNBC.

Urutan pertama sebagai maskapai penerbangan terbaik didunia ialah Qatar Airways. Posisi tersebut cukup mengejutkan dimana pada tahun lalu Qatar Airways berada pada posisi delapan. Sebelumnya, Qatar Airways telah memperoleh penghargaan sebagai maskapai penerbangan terbaik di kawasan Timur Tengah dan maskapai dengan lounge kelas satu terbaik dunia. Sejak didirikan pada tahun 1994, perkembangan bisnis Qatar Airways terus meningkat dengan jumlah rute penerbangan saat ini telah lebih dari 100 tujuan. Pada tahun ini, maskapai tersebut telah merilis lima rute baru yang diantaranya ialah rute Qatar - Montreal, Kanada. Seiring dengan berkembang pesatnya bisnis, Qatar Airways pada tahun ini telah menambah 6 buah pesawat jenis Boeing 777 senilai 1,7 miliar dollar.

Peringkat kedua ditempati oleh Singapore Airlines yang posisinya tahun ini direbut oleh Qatar Airways. Maskapai yang terkenal dengan ketepatan waktunya ini tergolong masih menjadi favorit dan impian bagi para penumpang dan juga para pemilih dari ajang World Airline Awards ini. Dengan rute sebanyak 63 dan mayoritas rute penerbangan ke Australia, maka Singapore Airlines juga dijuluki sebagai "Kangaroo Route". Kini, Singapore Airlines menempati posisi kedua sebagai maskapai yang memiliki asset terbesar dengan nilai 14 miliar dollar. Selain dikenal tepat waktu, pelayanan lain yang terkenal dari Singapore Airlines ialah ramahnya pelayanan dan juga memuaskannya makanan yang disajikan sesuai dengan tema makanan-makanan dari Asia.

Peringkat ketiga ialah Asiana Airlines, maskapai penerbangan dari Korea Selatan. World Airlines Award memberikan penghargaan terbaik kepada Asiana Airlines sebagai maskapai penerbangan dengan staff kabin terbaik dan maskapai yang menyajikan fasilitas kelas ekonomi ternyaman didunia. Jumlah rute penerbangan yang dimiliki oleh Asiana Airlines ialah sebanyak 100 rute dengan mayoritas penerbangan dalam negeri sebanyak 14 tujuan. Rute favorit dan memiliki jam terbang tersibuk ialah Seoul - New York melalui JFK International Airport.

Cathay Pasific Airways menempati posisi keempat. Maskapai yang memiliki kapasitas kargo terbesar di dunia ini cukup stabil menempati posisi lima besar dalam beberapa tahun terakhir. Selain itu, Cathay pasific juga terbilang merupakan salah satu maskapai tersibuk didunia dengan 112 rute penerbangan pada 36 negara di dunia. Semenjak mengakuisisi Dragon Air pada tahun 2006, perkembangan bisnis Cathay Pasific semakin sukses. Rute tersibuk yang dimiliki maskapai penerbangan tersebut ialah masih berkisar di kawasan Asia seperti dari Hong Kong ke China, Singapura dan juga ke Australia.

Thai Airways menempati posisi kelima dan melanjutkan prestasinya masuk kedalam urutan 10 besar dalam dua tahun terakhir. Maskapai yang didirikan pada tahun 2006 ini merupakan BUMN yang dimiliki oleh Thailand. Dengan rute penerbangan 91 rute di 35 negara di dunia, Thai Airways merupakan salah satu maskapai penerbangan yang sibuk. Beberapa rute penerbangan yang cukup restis ialah Bangkok - London dan juga Bangkok - Los Angeles. Sehingga dengan rute-rute penerbangan yang [restis tersbeut, Thai Airways dapat sejajar dengan maskapai penerbangan elit lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar