Kamis, 21 Juni 2012

Stroberi Diolah Jadi Pizza

Liputan6.com, Tabanan: Selama ini, buah stroberi menjadi bahan baku membuat minuman yang bernilai ekonomis. Tabanan, Bali, buah itu diolah menjadi pizza.

"Jenis makanan hasil olahan dari bahan stoberi cukup diminati wisatawan yang berkunjung ke kebun Bali Strawberry di kawasan wisata Bedugul, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali," kata pengelola Bali Strawberry Putu Kastawa di Tabanan, Kamis (21/6).

Kastawa mengatakan, gagasan mengolah stroberi menjadi pizza telah dilakukan sejak enam bulan lalu, mengingat di daerah ini banyak tersedia buah stroberi. "Peminatnya cukup banyak, karena mereka ingin merasakan pizza dari buah berwarna merah itu," ujarnya.

Tidak hanya wisatawan mancanegara yang tertarik dengan jenis makanan kemasan baru di Bali itu, wisatawan domestik dan masyarakat setempat juga menyukainya. "Bahan baku pembuatan pizza hampir sama dengan pizza yang selama ini dikenal. Namun bahan utama yang digunakan adalah stroberi," katanya.

Untuk bahan pizza, dibutuhkan tepung terigu, soda pengembang, oregano, daun basil, bawang putih, bawang merah, garam, keju dan cabe. Setelah tepung dicampur dengan air dan diaduk bersama dengan bumbu hingga halus, kemudian dibentuk menjadi beberapa ukuran dan dibakar sekitar 15 menit hingga membentuk seperti roti.

Kemudian di atas lempengan roti tersebut diberikan selai stroberi, tambahan buah pisang, madu, keju, gula merah, dan tentunya irisan buah stroberi. "Setelah mencoba pizza stroberi itu rasanya manis dan unik karena saya belum pernah mencoba sebelumnya," kata Eng Zi'i, wisatawan dari Malaysia.

Dengan harga yang ditawarkan yakni Rp 30 ribu untuk ukuran reguler, pizza stroberi itu juga bisa dicampur dengan daging seperti ayam, sapi, atau ikan laut.(ANT/SHA)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar