Halaman

Jumat, 13 Juli 2012

Rugi Triliunan, Peugeot PHK 8.000 Karyawan

VIVAnews - Produsen mobil terbesar kedua Eropa, PSA Peugeot Citroen, mengumumkan akan merumahkan 8.000 tenaga kerja dan menutup pabrik akibat lesunya penjualan otomotif Eropa.

Kantor berita Reuters melaporkan, pabrik Aulnay di dekat Paris yang membangun mobil subkompak Citroen C3, akan menghentikan produksi pada 2014. Penghentian produksi pada pabrik yang mempekerjakan lebih dari 3.000 pekerja ini merupakan bagian dari reorganisasi perusahaan.

Aulnay akan menjadi pabrik pertama yang tutup setelah beroperasi selama 39 tahun. Selain itu, perusahaan juga akan menurunkan produksi di pabrik Rennes untuk mengurangi biaya operasional.

"Saya tahu seberapa serius langkah-langkah ini untuk orang yang bersangkutan, dan untuk seluruh perusahaan kami," kata Kepala Eksekutif Philippe Varin kepada wartawan, Kamis 12 Juli 2012. "Tapi perusahaan tidak dapat meneruskan pekerjaan ketika harus membakar 200 juta euro (atau sekitar Rp2,3 triliun) per bulan."

Penjualan global Peugeot turun 13 persen pada semester pertama tahun ini menjadi 1,62 juta kendaraan, seperti dilaporkan oleh perusahaan minggu lalu. (umi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar