Halaman

Rabu, 15 Agustus 2012

Cara Sederhana Supaya Foto Berharga Anda Tak Hilang dari Memory Card

Memory Card sebagai tempat penyimpanan data atau hasil foto ketika memotret merupakan harta paling berharga fotografer.
Segala momen indah disimpan dalam kartu kecil tersebut. Tanpa memory card, kamera digital tidak akan bekerja dan beroperasi merekam gambar dengan tepat.
Oleh karena itu akan sangat bahaya apabila memori itu rusak atau error hanya karena keteledoran Anda dalan merawatnya. Akibatnya bisa fatal dan Anda akan kehilangan moment tersebut.
Untuk menghindarinya tips dari chip foto video ini akan membantu Anda untuk selalu menjaga baik-baik sahabat kamera Anda yaitu memory card.Anda kehilangan gambar sebelumnya.
1. Perhatikan Kapasitas Memory Card
Sehabis mengambil gambar maka kamera akan menghitung mundur banyaknya foto yang dapat disimpan dalam memory card. Jangan sekalipun Anda memaksa kartu memori untuk menyimpan memori melebihi kapasitas karena bisa jadi Anda beresiko kehilangan foto sebelumnya.
Hal itu karena memory akan mencari ruang untuk gambar terbarunya. Maksimalkan saja kapasitas memori Anda secukupnya, jangan melebihi batas.
2. Format
Formatlah memori card sebelum kamera digunakan. Hal itu karena akan membuat memory fresh sebelum digunakan untuk menyimpan gambar.
Lebih bagus Anda menggunakan memory yang berbeda ketika menggunakan kamera yang berbeda. Atau lebih baik sebelum memindahkan memory ke kamera lain harus diformat atau dipindahkan terlebih dahulu. Hal itu untuk menghindari kerusakan file foto. Bahkan bisa menyebabkan kegagalan
dalam penyimpanan.
3. Gunakan Card Reader
Pemindahan foto langsung dari kameranya akan membuat baterai kamera cepat habis. Oleh karena itu alangkah lebih baiknya menggunakan perangkat media yang lain seperti card reader. Card Reader yang
berkualitas akan membantu Anda memindahkan data secara cepat, namun hati-hati juga pada card reader yang kurang berkualitas karena bisa-bisa memori Anda yang rusak.
4. Tandai Memory card
Para fotografer saat ini banyak sekali mengabadikan momen. Apalagi bagi para traveller, dan biasanya menyiasati dengan menggunakan memory ganda. Ketelitian perlu diperhatikan karena salah-salah memory kosong Anda tertukar dengan yang full terisi sehingga bisa menghambat proses memotret Anda. Baiknya pisahkan di tempat yang berbeda serta diberi tanda supaya bisa dibedakan.
5. Mengelola dan Menyimopan Memory Card
Gunakan dompet penyimpanan atau tempat khusus untuk menyimpan memory supaya terhindar dari debu, lembab dan faktor lain . Jangan dismpan terlalu lama dalam kamera atau di saku tas kameran karena akan mudah terkena debu. Ketika debu masuk lubang CF card maka akan dapat merusaknya.
6. Jangan Panik Ketika Memory Basah
Jangan panik ketika memory anda basah kehujanan atau tercemplung ke dalam air. Jika itu terjadi memory kering, setelah dua hari barulah coba memindahkannya menggunakan card reader.
7. Backup
Pindahkan foto ke komputer sebelum memformat atau menghapusnya. Pastikan anda telah memindahkan semua file ke dalam komputer. Barulah anda bisa format memory card untuk menjaga umur memory. File foto merupakan harta berharga para fotografer. Apiklah pada memory card Anda.
Beberapa tips di atas akan membantu Anda untuk menjaga memory card Anda dalam waktu yang lama. Anda bisa menggunakan memory card dalam jangka waktu lama dan dengan kualitas gambar yang maksimal karena kualitas memory yang selalu terjaga dengan baik. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar