Halaman

Kamis, 30 Agustus 2012

Jagoan Lapangan Juga Berjaya di Kancah Bisnis

(Vibiznews - Business) - Maria Sharapova adalah petenis wanita kelas dunia yang menjuarai grand slam awal tahun ini. Wanita cantik ini juga meraih medali perak dalam Olimpiade London yang baru saja berlangsung. Sukses Sharapova diiringi wajahnya yang cantik membuatnya menjadi duta bagi produk-produk seperti Cole Haan, Nike, Evian, Head, Samsung dan TAG Heuer. Tidak berhenti di situ, Maria Sharapova baru-baru ini meluncurkan produknya sendiri, permen dengan merek Sugarpova. (29/08)

Saat ini Maria Sharapova yang baru saja berusia 25 tahun ini sudah menjadi atlet wanita dengan penghasilan tertinggi di dunia, menurut data dari Forbes. Tahun 2011 lalu Sharapova berhasil meraup penghasilan senilai 27.9 juta dolar - 22 juta dolar di antaranya diperolehnya dari sponsor, pameran dan upah penampilan di acara-acara khusus.

Memanfaatkan ketenaran dan kehebatan dalam bidang olah raga, tidak jarang para atlit akhirnya kebagian rejeki untuk membintangi iklan dan menjadi duta sebuah produk. Hal ini tentunya juga mendatangkan pundi-pundi yang tidak sedikit bagi mereka. Dalam business news kali ini akan dibahas mengenai para atlit yang dinilai paling menguntungkan sebagai duta dan bintang iklan produk.

LeBron James merupakan pemain NBA yang bermain untuk klub Miami Heat. LeBron James sebelumnya bermain untuk klub Cleveland Cavaliers, di mana keluarnya dia dari klub tersebut membawa kekecewaan mendalam bagi para pendukung Cavaliers.

Hari ini iklan-iklan James termasuk Nike yang merupakan pengiklan setianya sejak masih bermain di Cavaliers. Akan tetapi James juga menambahkan beberapa perusahaan dalam daftar kliennya, antara lain Glaceu, McDonald's, Sprite, State Farm dan uppoer Deck.

Tiger Woods mengalami tahun yang buruk di 2011 lalu. Setelah kehilangan peringkat pertama di tangan rival Lee Westwood, Wood juga harus menerima di'cerai' oleh beberapa klien pengiklannya menyusul terbongkarnya skandal perselingkuhannya.

Pemutusan kerja dari para pengiklan tersebut membuat management Wood kehilangan sekitar 4.6 juta dolar. Jika angka tersebut secara kasar 15-20% dari penghasilan sanga binta golf, berarti Woods kehilangan pendapatan senilai 23-30 juta dolar akibat kelakuannya.

Tetap saja hingga saat ini Woods masih menjadi duta beberapa perusahaan besar. EA Sports, NetJets, Nike Golf, TAG Heuer dan Upper Deck tampaknya masih mau 'setia' menggunakan jasanya.

Phil Mickelson adalah seorang pegolf profesional yang telah memenangkan 4 kejuaraan dan 39 Tour PGA sejak terjun ke kancah golf profesional.

Pada tahun 2007 lalu Mickelson meraup nyaris 53 juta dolar, 47 juta dolar di antaranya berasal dari iklan. Saat ini klien Mickelson termasuk Barclays, ExxonMobil, Grayhawk, KPMG dan Rolex. Akan tetapi uang terbesar yang menjadi sponsornya datang dari perusahaan Callaway Golf yang memproduksi peralatan golf.

(Ika Akbarwati/IA/vbn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar