Halaman

Jumat, 19 April 2013

Lamborghini Aventador Edisi Ulang Tahun

INILAH.COM, Bolognese - Banyak yang dilakukan Lamborghini dalam merayakan hari jadi perusahaan ke-50. Seperti meluncurkan beberapa mobil khusus.

Didirikan pada 1963 oleh Ferrucio Lamborghini, tahun ini usia Lamborghini telah memasuki 50. Merayakan angka spesial tersebut, mereka meluncurkan sejumlah mobil khusus.
Diawali Lamborghini Veneno, dan kini Lamborghini Aventador LP720-4 Anniversario.

LP720-4 memiliki 720 tenaga kuda yang dimuntahkan dari mesin 6.500 cc V12, atau memiliki 20 tenaga kuda lebih besar dari versi standar Aventador. Namun Lamborghini tidak menggenapkan tenaga tambahannya menjadi 50 seperti umurnya saat ini.

Hal yang paling menonjol dari mobil spesial ini adalah warnanya yang mencolok mata. Cat kuning menyala yang membalur bodinya ini disebut Giallo Maggio.

Maggio berarti bulan Mei di Italia, dan Mei adalah bulan dimana pabrikan yang awalnya memproduksi traktor ini didirikan, sebelum diresmikan pada Oktober di tahun itu. Sedangkan Giallo artinya kuning, warna bodi yang juga menghiasi sisi interiornya, demikian yang dinukil dari Jalopnik.

Lamborghini memang mengambil arah desain berbeda sejak mereka meluncurkan Veneno.
Kini pabrikan berlambang banteng itu banyak memberi sentuhan aero kit berbahan karbon fiber hingga sedikit membuat kesan supercar eksotisnya hilang, dan lebih cocok sebagai supercar untuk dipacu diatas trek balap.

Namun dengan penyematan aero kit di sekujur bodinya ini, sisi downforce mobil ini diklaim meningkat hingga 50%.
Walaupun kadang aero kit yang digunakan mereka terlihat sedikit berlebihan, contohnya pada kasus Veneno yang disebut mobil dengan desain terburuk sepanjang masa.

Bagaimanapun, Lamborghini sudah tidak sabar untuk memamerkan Aventador spesial ini dalam perayaan ulang tahunnya. Mobil ini akan diungkap di Shanghai Motor Show yang digelar pada akhir pekan ini. [ikh]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar