Halaman

Senin, 09 Agustus 2010

Lebah Lebih Pintar di Pagi Hari

BERLIN, (PRLM).- Lebah yang paling duluan keluar akan menghisap bunga yang terbaik dan tentunya makanan terbaik, kata satu penelitian. Satu penelitian menemukan bahwa lebah lebih cepat menangkap aroma baru pada pagi hari.

Kekuatan otak pagi hari itu mungkin berkembang secara bertahap untuk membantu serangga itu mendapatkan tanaman berbunga dan mencari madu lebih efisien. Satu eksperimen oleh satu tim yang melakukan tes terhadap lebih 1.000 lebah, dijelaskan dalam jurnal Behavioural Ecology and Sociobiology dan dilansir "BBC".

Riset terdahulu menunjukkan bahwa sebagian besar bunga menumpuk madunya pada pagi hari, sehingga pada waktu inilah pengenalan banyak aroma (bau) baru akan menjadi paling berguna bagi lebah.

Proses untuk mengingat aroma baru yang keluar dari berbagai macam bunga merupakan pekerjaan yang memerlukan banyak energi bagi otak lebah. Jadi, kalau mereka "kurang pintar" pada siang hari kemudian, bisa membantu serangga tersebut menghemat tenaga.

Untuk mempelajari kemampuan lebah dalam belajar, para ilmuwan menangkap 1.000 lebah penghisap madu (apis mellifera). Mereka melatih kelompok-kelompok lebah itu pada waktu-waktu yang berbeda dalam seharian, agar mereka bisa mengaitkan aroma baru dengan hadiah makanan.

Tim yang dipimpin oleh Profesor Giovanni Galizia dari Universitas Konstanz di Jerman itu, kemudian bisa mengetes setiap lebah untuk melihat apakah dia bereaksi dengan benar terhadap aroma.

Reaksi yang "benar" terhadap suatu bau adalah kalau lebah itu mengeluarkan jarum penghisapnya (proboscis) --yaitu jarum panjang yang digunakan banyak serangga untuk menyedot madu bunga. Kalau lebah-lebah dilatih pada pagi hari, mereka akan lebih bagus mengingat aroma yang mana yang berarti bahwa mereka akan mendapat hadiah madu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar