Halaman

Kamis, 19 Mei 2011

Ada Perkumpulan Gamelan Bali di AS

Liputan6.com, San Fransisco: Gamelan khas Bali terdengar di San Fransisco, Amerika Serikat. Namun yang berbeda, gamelan khas Pulau Dewata ini dimainkan oleh sejumlah orang asing atau bule yang berpenampilan layaknya musisi beraliran keras alias rock.

Para bule yang memainkan alat musik tradisional Indonesia ini berasal dari perkumpulan dengan nama Gamelan Sekar Jaya. Mereka mengaku jatuh cinta terhadap alat musik Bali hingga akhirnya membentuk perkumpulan para pecinta gamelan pada 1979.

Tak hanya mahir memainkan gamelan, beberapa bule juga jago berbahasa Indonesia. Bahkan, mereka juga kerap berlatih tari Bali di rumah yang sekaligus dijadikan base camp. Markas mereka juga kerap dijadikan tempat latihan warga Indonesia yang akan tampil di AS.

Grup Gamelan Sekar Jaya memang sering tampil di berbagai festival seni di Negara Adidaya. Sejumlah warga AS mengaku senang mendengar musik yang dimainkan oleh grup Sekar Jaya. Jika warga asing saja bangga terhadap seni musik khas Nusantara, bagaimana dengan Anda?(JUM)

1 komentar:

  1. hello... ternyata seni dan kesenian gamelan Bali ku sudah mencapai mancanegara... salam dari Lagu-lagu Bali... suksma

    ((((( Radio Internetne Nak Bali )))))

    BalasHapus