Halaman

Selasa, 31 Mei 2011

Pemerintah Akan Mulai 3 Proyek Kereta Api di 2011

(Vibiznews-Property) Pemerintah optimistis dapat memulai 3 proyek jalan kereta api di 2011. Adapun yang saat ini dipersiapkan yaitu jalur ganda alias double track Jakarta-Surabaya, jalur lingkar luar Jakarta dan Jalur Manggarai Bandara Soekarno Hatta.

"Kereta api, ada tiga besar Pertama yaitu jalur ganda double track oleh Kementerian Perhubungan Jakarta-Surabaya," kata Menteri BUMN Mustafa Abubakar di Kantornya, Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin (30/5/2011).

Menurut Mustafa nilai investasi yang dibutuhkan mencapai Rp 9-10 triliun untuk proyek Jakarta-Surabaya. "Dimulai di 2011 dan sekarang sudah ada yang mulai, sambungan double track nah direncanakan di 2013 paling lambat sudah selesai," tuturnya.

Proyek Kereta Api kedua yakni lingkar Jakarta. "Ini akan diserahkan ke BUMN dimana PT KAI (Kereta Api Indonesia) sendiri. Khusus proyek ini. pada 2011 akhir sudah mulai dari yang lingkar Jakarta tersebut," tambahnya.

Adapun dana yang dibutuhkan untuk proyek ini sebesar Rp 8-10 triliun. Proyek ketiga, lanjut Mustafa adalan jalur kereta Bandara Soekarno Hatta-Manggarai. Menurutnya dibutuhkan waktu hingga selesai selama 1,5 tahun.

"Perpanjangan jalur ini termasuk membersihkan rute-rute yang belum lancar. Nanti bekerja sama dengan Kementerian BUMN, dan Pemda DKI. Adapun dana yang dibutuhkan antara Rp 2-3 triliun untuk Bandara-Manggarai," imbuh Mantan Dirut Bulog ini.

(ns/NS/vbn-dtc)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar