Halaman

Senin, 30 Mei 2011

Ibu Terkaya di Dunia

(Vibiznews - Business Review) Wanita-wanita berikut adalah ibu-ibu perkasa yang tangguh dan mengambil sikap selayaknya seorang pria dalam membangun ataupun mempertahankan kerajaan bisnis peninggalan suami atau ayah mereka. Kecepatan, kesigapan dan daya juang mereka bagai ksatria dalam medan pertempuran. Sebab dipundak mereka terdapat banyak tanggung jawab. Harta peninggalan suami maupun ayah mereka tak hanya menimbulkan kesukaan tapi juga sekaligus amanat untuk dijalankan.

Kehadiran serta sepak terjang mereka di kancah bisnis dunia telah menjadi fenomena sendiri bagi para pesaing khususnya competitor dari kalangan pria. Namun sebaliknya, bagi para perempuan, khususnya kaum ibu, mereka adalah para inspirator yang begitu menginspirasi wanita lainnya dalam menjalankan usaha dan bisnis.

Secara urut versi majalah forbes, kesepuluh dari mereka adalah:

1.Christy Walton, US

Kekayaan bersih: US$26,5 miliar

Ibu satu anak ini tercatat sebagai ibu terkaya di jagad ini. Dia mendapat warisan pada tahun 2005 lalu setelah suaminya, John, putra pendiri Wal-Mart, Sam Walton, tewas dalam kecelakaan pesawat. Saat ini Wal-Mart diketahui memiliki penjualan sebesar US$405 miliar dan mempekerjakan lebih dari 2,1 juta orang.

Christy Walton yang kini berusia 56 tahun, terkenal sebagai filantropis aktif, ia banyak mendanai museum, pendidikan, dan perkebunan organik bagi kesehatan yang lebih baik.

2. Liliane Bettencourt, Perancis

Kekayaan bersih: US$23,5 miliar

Liliane Bettencourt adalah pewaris perusahaan raksasa dan ternama di bidang kosmetik, L’Oreal, yang didirikan oleh sang ayah, seorang ahli kimia pada tahun 1907 silam. Ibu terkaya di Perancis berusia 88 tahun hanya memiliki seorang anak perempuan bernama Francoise Bettencourt-Meyer. Geliat L’oreal di bisnis dengan pasar utama wanita di seluruh dunia sudah tak diragukan lagi. Ketersohoran merknya telah membawa perusahaan ini mendulang keuntungan besar. L’oreal bahkan masih menjadi salah satu yang terunggul di jenis usaha berbasis kosmetik dan kecantikan.

3. Iris Fontbona, Cile

Kekayaan bersih: US$19,2 miliar

Ibu terkaya ketiga di dunia dengan 3 anak ini mewarisi kekayaan setelah suaminya, Andronico Luksic, meninggal karena kanker pada tahun 2005.

Dia adalah pemimpin dari keluarga yang mengendalikan Antofagasta, salah satu pertambangan tembaga terbesar di dunia, yang sahamnya sudah alami lonjakkan sebesar 70% dalam setahun. Merupakan perusahaan keluarga dimana anaknya, Jean Paul, menjabat sebagai pimipinan.

4. Susanne Klatten, Jerman

Kekayaan bersih: US$14,6 miliar

Inilah satu-satunya ibu dalam daftar Forbes yang juga memiliki ibunda seorang milyuner. Johanna Quandt, 84, yang menduduki peringkat ke sepuluh sebagai ibu terkaya di dunia tahun ini.

Susanne, ibu 48 tahun dengan 3 anak ini adalah seorang ekonom dengan gelar M.B.A, dia mewarisi saham perusahaan mobil BMW dari almarhum ayahnya, Herbert Quandt.

Sekarang Susanne mengendalikan pabrik kimia Altana dan memegang saham di perusahaan penghasil tenaga angin, Nordex AG, perusahaan produsen karbon dan grafit SGL, dan perusahaan penyimpanan air Geohumus.

5. Birgit Rausing, Swedia

Kekayaan bersih: US$14 miliar

Setelah kematian suaminya, Gad Rausing pada tahun 2000 lalu, ibu berusia 87 tahun dengan ketiga anaknya ini mendapat warisan senilai US$15.3 milyar dari perusahaan kemasan raksasa Tetra Laval, yang membuat satu terobosan baru dalam mengemas minuman seperti jus dan susu.

Semua anak-anaknya berada di jajaran terdepan Tetra Laval. Jorn, adalah Kepala Divisi Merger dan Akuisisi, Finn sebagai pimpinan di Swedish RR, Institute of Applied Economics, dan putrinya, Kristen, adalah pemilik peternakan kuda ternama di Inggris.

6. Anne Cox Chambers, Amerika Serikat

Kekayaan bersih: US$13,4 miliar

Ibu berusia 91 tahun ini mewarisi US$15 milyar dari perusahaan ayahnya, James M.Cox yaitu Cox Enterprises.

Anak-anak perusahaannya adalah Cox Communications, Cox Media Group ( yang mencakup koran, TV, dan stasiun radio), Manheim (perusahaan lelang mobil) dan AutoTrader.com.

Chambers juga pernah menjadi duta besar untuk Belgia di bawah kepemimipinan Presiden Jimmy Carter. Dia juga dianugerahi gelar Legiun kehormatan Perancis. Sebagai seorang pelindung karya seni seniyang disegani, maka namanya pun diabadikan sebagai nama dari bagian kiri Museum seni Atlanta High. Sebagai catatan, Blair Parry-Okeden, yang juga merupakan ibu terkaya di dunia urutan ke 13 adalah keponakannya.

7. Savitri Jindal, India

Kekayaan bersih: US$13,2 miliar

Janda berumur 61 tahun dan ibu dari sembilan anak ini merupakan wanita terkaya di India ini adalah pimpinan OP Jindal Group, suatu perusahaan baja dan daya raksasa dengan pendapatan fantastis, yaitu sebesar US$12 miliar.

Salah satu prinsip yang dipegangnya bahwa keluarga dan bisnis memiliki hubungan yang satu sama lain sangat erat kaitannya.

Perusahaan ini awalnya didirikan oleh almarhum suaminya, Om Prakash Jindal. Pada tahun 2005, Savitri mengambil alih tampuk kekuasaan perusahaan. Dan sekarang empat dari sembilan anaknya turut menjalankan bisnis ini bersamanya.

Mereka adalah Prithviraj, Sajjan, Ratan, dan Naveen, yang masing-masing menjalankan divisi-divisi tersendiri.

8. Abigail Johnson, Amerika Serikat

Kekayaan bersih: US$11,3 miliar

Di usianya yang baru 49 tahun, ibu satu ini merupakan salah satu pemegang kontrol perusahaan pendanaan terbesar Amerika, Fidelity Investments, bersama dengan ayahnya, Ned.
Perusahaan ini didirikan oleh kakeknya. Dia sendiri bergabung dengan bisnis keluarganya ini pada tahun 1988, setelah menyelesaikan pendidikan S2 nya di Harvard.

Biasa dipanggil Abby, wanita cerdas ini menjalankan divisi investasi perorangan. Banyak orang meyakini Abby telah dipersiapkan Ayahnya sebagai penerus kesuksesan kerajaan binis keluarganya.

9. Jacqueline Mars, Amerika Serikat

Kekayaan bersih: US$10 miliar

Ibu tiga anak yang berusia 71 tahun dan telah bercerai ini adalah generasi ketiga pewaris raja permen, Mars Inc yang saat ini merupakan perusahaan permen terbesar dengan penjualan sebesar US$28 milyar.

Ayahnya, Forrest Sr., menemukan M&Ms dan kemudian memperkenalkan pada dunia nougat rasa malt. Suatu bahan dasar untuk produk-produk permen terkenal mencakup Snickers, Milky Way, dan 3 Musketeers.

Jacqueline sendiri memiliki kepribadian yang unik. Dia dikenal sebagai penggemar musik dan olahraga berkuda, dia adalah anggota dari Washington National Opera dan Tim Berkuda Amerika Serikat.


10. Johanna Quandt, Jerman

Kekayaan bersih: US$9,8 miliar

Janda berumur 84 tahun ini adalah ibunda dari perempuan keempat terkaya di dunia, Susanne Klatten. Mereka terkenal dengan sebutan duo billionaire mom and daughter. Bersama-sama kini mereka memiliki total kekayaan lebih dari US$24 miliar.

Quandt memiliki saham 17% di perusahaan mobil terkemuka, BMW, yang merupakan peninggalan mantan suaminya sekaligus pernah menjadi atasannya, Herbert Quandt,seorang eksekutif Jerman yang terbukti mampu pertahankan perusahaan dari kebangkrutan.

Selain Susanne, anak laki-lakinya Stefan Quandt juga tercatat sebagai milyuner. Hal ini membuat mereka menjadi salah satu keluarga terkaya di dunia.

Fanya Jodie selaku Managing Director Vibizportal berpendapat, para ibu terkaya ini selain memang sudah memiliki modal, mereka juga sudah mempersiapkan diri mereka secara pribadi untuk mengelola aset yang besar. Karena bagaimanapun aset yang ada harus bisa dikelola dengan baik supaya tidak jatuh ke tangan orang lain. Di dalam mengelola suatu kekayaan, hal penting yang tidak boleh dilupakan adalah proses eksekusi, karena tanpa adanya proses eksekusi, maka segala konsep untuk mengelolanya tidak akan tuntas. Di dalam proses eksekusi tersebut, diperlukan keahlian manajerial yang tinggi dan juga ketekunan agar proses eksekusi berlangsung baik dan menghasilkan keputusan yang dapat memajukan perusahaan yang dikelolanya. Peran seorang pemimpin dalam mengelola kekayaan atau aset yang besar bukan dilihat dari konsep dan perencanaannya saja, melainkan dari proses eksekusi yang dilakukannya.


(Tania Tobing/TN/vbn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar