Halaman

Senin, 18 Oktober 2010

Kampung Salaca, Wisata Edukatif Nuansa Pedesaan

Liputan6.com, Bogor: Berwisata sambil menikmati suasana pedesaan bisa jadi pilihan liburan Anda di akhir pekan. Salah satu tempat wisata bernuansa pedesaan dan pegunungan ada di Kampung Salaca, Bogor, Jawa Barat. Lokasi wisata ini berada di kaki Gunung Salak. Jarak tempuh dari Jakarta sekitar 2,5 jam perjalanan.

Di Kampung Salaca, pengunjung bisa berpetualang di alam pedesaan dan pegunungan atau istilahnya wisata edukatif nuansa pedesaan. Menurut Bido Budiman, pengelola Kampung Salaca, pengunjung atau keluarga dari kota bisa menikmati sekaligus merasakan kehidupan di desa.

Misalnya saja para wisatawan dapat mencoba belajar memberi pakan ternak ikan, menanam padi, hingga memandikan kerbau. "Pokoknya pengunjung terlibat langsung dengan pekerjaan petani," kata Bido.

Usai belajar menanam padi, pengunjung bisa beristirahat di rumah atau saung. Sambil lesehan mereka bisa belajar melukis layang-layang seraya menikmati camilan. Jika kurang puas, wisatawan boleh belajar cara membatik atau membuat keramik. Apabila kurang puas berlama-lama di Kampung Salaca, pengunjung dapat menginap di penginapan atau rumah khas Sunda dan Jawa. "Tapi harus pesan terlebih dahulu," kata Bido.(IAN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar