Halaman

Selasa, 22 Februari 2011

Kumpulan Para Atlet dengan Bayaran Tertinggi di Dunia

(Vibiznews - Business) - Perkembangan bisnis di sektor olahraga kian hari kian mengalami perkembangan yang sangat pesat tak terkecuali pada saat ini dimana olahraga telah menjadi industri yang dapat memberikan keuntungan bagi banyak pihak tak terkecuali oleh para olahragawan. Kini olahragawan sudah bukan lagi idektik dengan subyek yang hanya mengeluarkan keringat dilapangan. Seiring dengan berkembangnya bisnis di olahraga, sang olahragawan juga dapat memperoleh keuntungan berupa tingginya bayaran kontrak, bonus sampai dengan nama besar yang dapat dikenal oleh banyak orang di dunia. Situs bisnis Forbes pada hari ini (21/2) telah mengeluarkan deretan atlet dengan pendapatan tertinggi di dunia. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak penjelasannya dibawah ini.

Tiger Woods Masih Yang Terkaya

Untuk urutan pertama atlet terkaya versi Forbes masih ditempati oleh pegolf paling tenar sejagat, Tiger Woods yang tercatat memiliki pendapatan sebesar 105 juta dollar. Pegolf yang telah memenangi 71 PGA Tour dan sempat beberapa kali memiliki peringkat nomor 1 pegolf dunia ini masih terbilang sanggup mendulang banyak uang melalui endorsement yang dipasok dari beberapa apparel merk kenaman dunia. Beberapa perusahaan yang telah terikat kontrak dengannya ialah General Motors, Titleist, General Mills, American Express, Accenture dan Nike. Untuk jalinan kontrak dengan Nike, Woods menandatanganinya di tahun 2000 dengan nominal mega kontrak senilai 105 juta dollar. Di posisi kedua ditempati petinju Floyd Mayweather dengan pendapatan sebesar 65 juta dollar. Putra dari petinju legendaris, Floyd Mayweather, Sr ini dinilai merupakan salah satu petinju yang memiliki prospek dan karir yang cerah dan merupakan pemegang juara dunia kelas super welter WBC dan belum terkalahkan selama 41 kali bertanding. Perolehan pendapatan terbesarnya tercatat pada saat ia melawan Shane Mosley di tahun lalu dengan 1,4 juta orang penonton berbayar di seluruh dunia.

Peringkat ketiga ditempati oleh Kobe Bryant, pebasket dari klub LA Lakers yang tercatat memiliki pendapatan tertinggi sebesar 48 juta dollar. Pebasket berumur 32 tahun ini dikenal sebagai salah satu Raja endorsement di NBA selain Lebron James. Beberapa apparel tercatat telah terikat kontrak seperti Adidas dengan lama kontrak selama 6 tahun, The Coca-Cola Company, Upper Deck, McDonald's, Ferrero SpA's dan pada bulan Desember lalu ia menandatangani kontrak kerjasama dengan Turkish Airlines. Nama David Beckham pun turut masuk ke dalam jajaran atlet terkaya didunia dengan pendapatan tertinggi sebesar 43,7 juta dollar. Beckham yang kini bermain untuk Los Angeles Galaxy ini merupakan ikon untuk beberapa produk seperti Coca-Cola dan IBM.

Dari cabang tenis mengirimkan nama Roger Federer. Menurut Forbes, Roger Federer tercatat memiliki pendapatan tertinggi sebesar 43 juta dollar. Petenis 29 tahun menempati urutan kedua di jajaran petenis dunia. Beberapa perusahaan bahkan telah mengajukan kontrak khusus dengan petenis asal Swiss ini. Wilson misalnya, merk raket tennis kenamaan ini bahkan membuatkan raket khusus untuk Federer berikut pula dengan lapangan tenis. Selain itu, aparel pakaian milik Federer di endorse dari Nike. Untuk kendaraan, Mercedes Benz siap memberikan produk mobil terbaru untuknya.

Kembali ke basket dan tinju, dua nama terakhir diisi oleh LeBron James dan Manny Pacquiao. Setelah Kobe Bryant, nama LeBron James bisa dikatakan sebagai Raja di NBA. Kepindahannya dari Cleveland Cavaliers ke Miami Heat di pertengahan tahun lalu menjadikan dirinya sebagai salah satu pemain NBA dengan gaji tertinggi sepanjang sejarah NBA. Kini pertahun, gaji James senilai 14,5 juta dollar. Menurut Forbes, pendapatan tertinggi James untuk tahun lalu senilai 42,8 juta dollar. Beberapa perusahaan yang telah melakukan kerjasama dengannya diantaranya ialah Nike, Sprite dan McDonald's. Berikutnya, Manny Pacquiao, petinju kebanggaan negara Filipina yang kini telah menjadi pemegang juara dunia bertahan di kelas welter WBC dan WBO. Petinju berumur 32 tahun ini tercatat sempat memperoleh keuntungan sebesar 32 juta dollar pada saat melawan Joshua Clottey dan Miguel Cotto pada tahun ini. Menurut Forbes, Pacquiao memiliki pendapatan tertinggi sebesar 42 juta dollar.

(Joko Praytno/JP/vbn)
Foto-foto : www.nj.com; www.bteambombers.com; www.zimbio.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar