Halaman

Senin, 25 Juli 2011

Apple Bukan Lagi Jawara Perusahaan Paling Inovatif di Dunia

(Vibiznews - Business) - Forbes telah merilis daftar mengenai perusahaan-perusahaan paling inovatif di dunia (21/07). Satu hal yang menarik dari daftar kali ini adalah bahwa perusahaan Apple yang merupakan langganan jawara perusahaan paling inavatif, kali ini tidak berhasil menjadi jawara dan hanya menempati posisi nomer lima. Hal ini bukan isyarat bahwa Apple sudah kehilangan kemampuan inovasinya, akan tetapi merupakan tanda bahwa para inovator handal di AS makin rajin melakukan riset sehingga menaikkan standar inovasi perusahaan di negara tersebut. Lalu perusahaan mana saja yang masuk dalam daftar prestise tersebut, dan apa yang menjadi titik kuat mereka? Berikut tiga besar di antaranya.

Salesforce.com

Salesforce.com merupakan perusahaan penyedia aplikasi cloud computing bagi perusahaan. Salesforce.com menyediakan aplikasi penggunaan komputasi berbasis internet untuk penyimpanan dan knektivitas teknologi bagi perusahaan-perusahaan kliennya. Perusahaan ini mendisain dan mengembangkan penawarannya yang dapat dikostumisasi dan diintegrasikan dengan aplikasi piranti lunak lain. Perusahaan ini memasarkan jasanya kepada bisnis dengan cara berlangganan, sebagian besar melalui penjualan langsung dan juga melalui jasa partner.

Pada bulan Mei 2010 perusahaan ini mengakuisisi Jigsaw. Di bulan Januari 2011 perusahaan ini mengakuisisi Heroku dan Dimdim. Salesforce.com juga merupakan salah satu perusahaan teknologi yang memiliki perkembangan tercepat di AS.

Amazon.com

Perusahaan yang merupakan retailer online terbesar di dunia ini sudah tidak perlu diragukan lagi dari sisi inovasi. Amazon.com merupakan salah satu pelopor penyedia e-book. Bisnis Amazon.com berfokus kepada tiga pelanggan yaitu konsumen retail, penjual, dan perusahaan. Perusahaan ini juga memperoleh penghasilan dari jasa pemasaran dan promosi lain seperti penyediaan iklan online dan perjanjian co-branded kartu kredit.

Amazon.com mendisain situsnya agar memudahkan produsen menjual produk-produk mereka dalam berbagai kategori. Amazon merupakan manufaktur dari Kindle e-reader. Perusahaan ini menawarkan pelanggan keanggotaan di Amazon Prime. Pada bulan Februari 2010 perusahaan ini mengakuisis Touchco, perusahaan teknologi layar sentuh.

Intuitive Surgical

Intuitive Surgical merupakan perusahaan yang mendisain, memproduksi dan memasarkan da Vinci Surgical System, yang merupakan sistem pembedahan super canggih. Da Vinci Surgical System digunakan untuk melakukan berbagai spesialis pembedahan termasuk urologi, ginekologi, pembedahan jantung, pembedahan transoral an pembedahan umum.

Pada bulan Desember 2010 lalu perusahaan ini telah menginstalasi 1752 da Vinci Surgical System. Sepanjang tahun 2010 lalu perusahaan memperkenalkan da Vinci Si-e system dan da Vinci Si Surgical System.

Melihat dari jenis usaha yang digeluti oleh sebagian besar perusahaan yang masuk ke dalam daftar perusahaan paling inovatif di dunia, tampaknya sektor teknologi masih menjadi sektor yang menyumbangkan inovasi terbanyak. Hal ini merupakan sinyal bahwa teknologi akan menjadikan perusahaan makin inovatif. Hal ini dapat diadaptasi oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia dengan menekankan aspek melek teknologi dalam setiap lini produksi maupun sumber daya manusianya.

Sementara itu terkait dengan perusahaan Salesforce.com yang menjadi penyedia aplikasi cloud computing, di Indonesia sendiri tampaknya penyediaan aplikasi ini sudah mulai menjadi peluang bisnis besar. Potensi bisnis cloud juga sudah dilihat Telkom jauh-jauh hari sejak mengakuisisi Sigma. Perusahaan data center itu memang dipersiapkan Telkom untuk mengarungi bisnis cloud seiring upayanya mengembangkan bisnis berbasis TIME -- telecommunication, information, media, dan edutainment.

to be continued

(Ika Akbarwati/IA/vbn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar