Halaman

Kamis, 07 Juli 2011

Berbagai Manfaat Jus Bit

Liputan6.com, Exeter: Khasiat jus bit yang dapat meningkatkan stamina memang telah mendunia. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Universitas Exeter di Exeter, Inggris, menemukan berbagai manfaat lainnya dari jus buah berwarna cerah itu.

Jus bit ternyata dapat menurukan tekanan darah, menangkal demensia atau pikun, juga memberikan tenaga tambahan bagi para lansia. Berbagai kandungan nitrit dalam bit dapat melebarkan pembuluh darah, serta mempercepat aliran oksigen ke otot juga otak. Karena itulah, jus bit menjadi primadona di kalangan para atlet.

Untuk membuktikan khasiatnya, tim peneliti meminta sembilan pria untuk berlari sejauh 2,5 mil dan 10 mil. Sebelum berangkat berlari di gelombang pertama, mereka diminta untuk minum setengah liter jus bit yang mengandung nitrit. Sedangkan pada gelombang kedua, para pelari diminat untuk munum jus bit bebas nitrit dengan porsi yang sama. Hasilnya, mereka yang mengonsumsi jus buah bit kaya nitrit berhasil mencapai garis finish 11 detik lebih cepat dibandingan mereka yang tidak.

"Ini adalah pertama kalinya kami mempelajari efek dari jus bit dengan tingkat nitrit tinggi di dalamnya. Temuan ini menunjukkan peningkatan kinerja yang signifikan dalam level kompetisi," kata pimpinan penelitian, Andrew Jones.(Dailymail/SHA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar