Halaman

Rabu, 24 November 2010

CEO Wall Street Terpuruk di Jajaran CEO Berpenghasilan Terbesar

(Vibiznews – Business) – Wall Street Journal telah merilis laporan teranyar mengenai jajaran CEO dengan gaji terbesar di AS pada tahun 2010 (23/11). Suatu hal yang menarik dari laporan ini adalah bahwa CEO perbankan di Wall Street tidak masuk ke dalam jajaran 10 CEO bergaji tertinggi. Bahkan yang lebih menarik, CEO Bank of America Kenneth Lewis sama sekali tidak menerima gaji. Lalu siapa sajakah CEO dengan gaji tertinggi di AS saat ini?

Gregory Maffei, CEO Liberty Media
Perusahaan Liberty Media yang bergerak dalam bidang jasa konsumen merupakan perusahaan yang memberikan gaji tertinggi untuk CEO-nya di seluruh AS. Gregory Maffei menerima 87.5 juta dolar untuk jasanya di tahun 2009 lalu.

Di bawah kontrak kerja yang baru untuk Maffei, ia berhak untuk menerima opsi saham selama lima tahun dengan nilai total sebesar 79.3 juta dolar. Kompensasi ini terdiri dari 8.74 saham Liberty Interactive Media, 760,000 saham Liberty Stars, dan 1.35 juta saham Liberty Capital.

Opsi selama lima tahun ini sebenarnya cukup berisiko bagi Maffei. Kebanyakan perusahaan memberikan opsi selama satu atau paling lama tiga tahun. Risiko bagi Maffei dikarenakan ia harus menunggu hingga tahun 2013 untuk memperoleh control atas setengah dari opsi saham tersebut dan menanti hingga tahun 2014 untuk memperoleh sisanya.

Apabila ia dipecat sebelum tahun tersebut maka ia akan kehilangan hak atas opsi saham tersebut. Demikian pula jika nilai saham mengalami penurunan tajam kemungkinan opsi saham menjadi tidak berharga.

Dalam kontraknya yang baru Liberty akan membayar Maffei gaji pokok sebesar 1.5 juta dolar per tahun, dengan kenaikan sebesar 5% per tahun. Bonus yang mungkin diperolehnya bisa mencapai dua kali lipat dari gaji pokok apabila target perusahaan dapat dicapai.

Di posisi kedua pada jajaran CEO berpenghasilan tertinggi di AS adalah Larry Ellison dari Oracle dengan penghasilan total sebesar 68.65 juta dolar. CEO Occidental Petroleum, Ray Irani, mengantongi penghasilan total sebesar 52.18 juta dolar dan menempatkannya di posisi ketiga. Sementara itu Carol Barts dari Yahoo dan Leslie Moonves dari CBS menempati posisi keempat dan kelima dengan penghasilan total masing-masing 44.6 dan 38.93 juta dolar.

CEO Wall Street Terpuruk
Seperti yang diceeritakan di awal, CEO perbankan Wall Street tidak berhasil masuk dalam jajaran 10 CEO berpenghasilan tertinggi di AS tahun ini. Larry Fink dari BlackRock menempati posisi ke-12 dan menjadi CEO Wall Street berpenghasilan tersukses. Fink dikabarkan mengantongi total kompensasi senilai 22 juta dolar di tahun 2009.

CEO Wall Street berpenghasilan tertinggi selanjutnya adalah Jay Fishman dari Travelers (19.5 juta dolar) diikuti oleh John Stumpf dari Wells Fargo dengan nilai kompensasi total sebesar 18.7 juta dolar.

Jamie Dimon menjadi CEO berpenghasilan tertinggi dari bank yang bermasalah. Dimon memperoleh kompensasi total senilai 15 juta dolar. Llyod Blankfein mengikuti tepat di belakangan Dimon dengan membukukan penghasilan sebesar 8.25 juta dolar di tahun 2009 lalu.

Dapat dikatakan bahwa pamor CEO Wall Street meredup di kalangan para CEO dengan penghasilan tertinggi AS. Perusahaan-perusahaan yang masih bermurah hati dan cukup kaya untuk memberikan kompensasi tinggi kepada para CEO-nya bukan lagi berasal dari sektor keuangan dan perbankan, melainkan berasal dari sektor jasa, teknologi, dan pelayanan kesehatan.

Pepatah mengatakan bahwa kehidupan manusia seperti roda yang berputar di mana kadang berada di atas dan kadang di bawah. Tampaknya para CEO Wall Street masih harus bersabar untuk mengembalikan kejayaan yang pernah mereka raup sebelumnya.

(Ika Akbarwati/IA/vbn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar