Halaman

Rabu, 10 November 2010

Jeep Wrangler Gunakan Mesin Pentastar V6 Terbaru

TEMPO Interaktif, Detroit - Anda penggemar jip Wrangler dan menginginkan tenaga mesinnya lebih dahsyat? Tak usah berpikir bagaimana memodifikasinya. Pasalnya, produsen mobil itu, Chrysler Group, memastikan Jeep Wrangler dan Wrangler Unlimited model 2012 bakal menyandang mesin Pentastar V6 generasi terbaru.

"Mereka akan menggunakan mesin baru 3.600 cc V6 (Pentastar V6 terbaru)," ujar Sergio Marchionne, Chief Executive Officer Chrysler, seperti diwartakan autoevolution.com, Rabu (10/11).

Memang, pabrikan itu belum memberikan rincian resmi ihwal tenga yang dihasilkan mesin. Namun, sumber di pabrikan itu membisikkan tenaga yang disemburkan Pentastar V6 anyar itu bervariasi dengan rentang besaran antara tenaga yang dihasilkan mesin Dodge dan Grand Caravan.

Grand Caravan model 2011 atau yang paling gres memiliki tenaga hingga 283 daya kuda, dan Dodge Challenger 2011 bertenaga 305 daya kuda.

Sebelumnya, seperti dilansir automotivenews.com, Jumat (22/10), Bob Lee, Wakil Direktur Rekayasa Mesin Chrysler, menyebut untuk tahap awal Pentastar V6 anyar dipasang di Jeep Grand Cherokee 2011.

Selanjutnya, 13 model lain akan menyusul. Total ada tujuh varian mesin V6 yang akan digantikan Pentastar V6 baru itu. Proses penggantian ditargetkan rampung pada 2014 mendatang.

Mesin diklaim lebih irit 25 persen ketimbang mesin yang digunakan oleh produk Chrysler saat ini. "Mesin tersebut dirancang untuk memenuhi kebutuhan saat ini maupun beberapa tahun yang akan datang," papar Lee.

Pabrikan itu mengaku telah memangkas bobot mesin sehingga lebih ringan 94 pound ketimbang mesin 3.700 cc yang disandang Jeep Grand Cherokee generasi lawas. Bahkan, lebih ringan 42 pound dibanding mesin 3.500 cc sedan Chrysler 300 model lama.

Ihwal tenaga yang dihasilkan Chrysler menyebut bervariasi. Chrysler menyebut mesin Pentastar V6 berkapasitas 3.600 cc yang kini disandang Grand Cherokee model 2011 sebagai contoh.

Mesin itu mampu menyemburkan tenaga hingga 305 daya kuda atau meningkat 55 daya kuda dibanding mesin generasi sebelumnya. Di jalanan kota mesin ini mengkonsumsi satu liter bahan bakar untuk jarak 7,6 kilometer dan satu liter untuk 11 kilometer di jalan bebas hambatan.

ARIF ARIANTO


Tidak ada komentar:

Posting Komentar