Halaman

Rabu, 17 November 2010

Vending Mesin Bisa Pilihkan Minuman

Liputan6.com, Tokyo: Anda mungkin pernah bingung memilih minuman yang cocok, saat membeli minuman melalui mesin penjual minuman atau vending machines. Orang Jepangpun mungkin punya masalah yang sama. Menyadari hal ini orang-orang pintar di negeri sakura itu telah menciptakan mesin penjual minuman yang bisa menawarkan jenis minuman yang cocok berdasarkan wajah
pembelinya.

Mesin pintar ini merekomendasikan minuman berdasarkan usia dan jenis kelamin pembelinya. Cara kerjanya adalah menggunakan teknologi sensor yang akan mendeteksi wajah pembeli, kemudian merekomendasikan minuman yang cocok dengan suhu udara saat itu, jenis kelamin, dan juga umur pembeli. Setelah teknologi sensor bekerja, akan terdengar suara "Sekaleng kopi untuk anda Pak" atau "Teh dingin untuk anda Nyonya."

Minuman yang akan direkomendasikan kepada para pembeli ini ditentukan berdasarkan hasil penelitian terhadap pasar penjualan minuman kaleng. Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa wanita berusia 20 tahunan lebih menyukai teh ataupun produk minuman yang sedikit manis, sedangkan pria berumur 50 tahun ke atas lebih menyukai kopi kalengan.

"Akan lebih menyenangkan bila pembeli bisa berinteraksi dengan mesin pintar ini. Kami berharap, mesin ini akan meningkatkan penjualan kami," kata Juru Bicara JR East Water Business Co.

Mesin penjual minuman pintar ini akan segera tersedia di Tokyo dan sekitarnya mulai maret 2012 nanti. (reuters/Dsc/Mla)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar