Halaman

Kamis, 23 September 2010

Antipsikotil Atipikal Membawa Kematian

Liputan6.com, Nottingham: Obat-obatan yang mengandung antipsikotil atipikal dapat menyebabkan pembekuan darah yang berujung pada kematian. Antipsikotil atipikal yang biasanya digunakan untuk mengobati penderita skizofrenia atau gangguan jiwa berat, sekarang ini banyak ditemukan dalam obat-obatan yang dikonsumsi untuk mengatasi keluhan umum seperti mual, muntah dan vertigo.

Penelitian yang melibatkan 25.000 orang yang menderita pembekuan darah di kaki dan paru-paru mereka, menemukan bahwa lebih dari setengah peserta menggunakan obat-obatan yang mengandung antipsikotil atipikal. Para peserta ini mengaku telah mengkonsumsi obat-obatan yang diberikan kepada mereka selama lebih dari 3 bulan.

"Obat antispsikotil atipikal harus digunakan lebih hati-hati khususnya di antara pasien yang beresiko tinggi terkena pembekuan darah. Pasien berhak tahu informasi lengkap mengenai keseimbangan resiko dan manfaat obat-obatan sebelum memulai pengobatan." Kata Professor Julia Hippisley, Pemimpin Penelitian Universitas Nottingham di Nottingham, Rabu (22/9).

Berdasarkan laporan bulan lalu ada 7,2 miliar kopi resep obat-abatan mengandung antipsikotil atipikal yang diberikan pada warga Inggris.(telegraph/AYB)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar