Halaman

Kamis, 02 September 2010

Membangun Tha Winning Team

(Vibizmanagement – HR) - Tiap perusahaan pastilah mempunyai visi dan misi tersendiri yang menjadi mimpi para pemimpin dan karyawannya. Untuk merealisasikannya dan menjaga supaya terus ada dalam track visi misi tersebut tidak bisa diwujudkan dalam satu malam atau sesaat saja, melainkan butuh waktu yang cukup. Salah satu pilar pondasi yang harus diperhatikan adalah tim yang tangguh dan kokoh.

Pertanyaannya: sulitkah dan mungkinkah membangun the winning team dalam suatu perusahaan?

Membangun winning team memang tidak dapat dikatakan mudah namun tidak begitu sulit juga untuk dilakukan. Diperlukan kesadaran dan komitmen penuh dari semua pihak bahwa itu benar benar dibutuhkan oleh perusahaan.

Untuk membangun the winning team, yang diperlukan bukan hanya karyawan yang pintar tapi perlu karyawan yang loyal dan berpegang teguh pada komitmen. Untuk membangun komitmen ini diperlukan waktu dan pemimpin tidak boleh bosan untuk berulang kali menyerukan dan mensosialisasikan visi misi dan tujuan yang hendak dicapai oleh perusahaan dan upaya yang dilakukan utk meraihnya. Pastikan benar benar bahwa hal hal tersebut sudah terekam benar dalam benak dan otak mereka.

Untuk melatih kerjasama tim, Anda dapat membuat event event team building maupun outbond dalam skala kecil maupun besar dimana melibatkan seluruh karyawan. Melalui event-event tersebut, tim bisa saling mengenal lebih jauh satu sama lain, dan memungkinkan mereka untuk belajar bekerjasama dengan baik. Dari team building melalui acara-acara tersebut, serta sering bekerjasama di lingkungan kerja, kemudian baru bisa terasah pola the winning team.

Terlepas dari pembentukan pola the winning team, perhatikan juga mungkin ada diantaranya yang menjadi provokator yang mengeluarkan kata kata negatif, sinis, kritikan sana sini dan sikap yang tidak percaya bahwa the winning team bisa terbentuk dalam perusahaan anda. Apabila ada, jangan terkecoh dan berhenti berjalan, melainkan terus berjalan sambil tunjukkan lagi bahwa team yang ada mampu dan pasti bisa.

SY/RP/vbm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar