Halaman

Selasa, 21 September 2010

Supercar AF-10, Siap Saingi Ferrari

Liputan6.com, London: Ferrari mendapat saingan baru. Pabrikan mobil asal Inggris, Arash Motor Company, segera meluncurkan supercar AF-10 ke khalayak dalam pameran otomotif di Earls Court, London, November mendatang.

Mobil impian ini menggunakan mesin tujuh liter LS7 V8, dapur pacu yang sama digunakan Chevrolet Corvette Z06. Mesin tersebut mampu memuntahkan tenaga sebesar 550 hp pada 6.200 rpm dan torsi sebesar 475 lb-ft pada rpm 4.800. Sedangkan dikawinkan dengan sistem transmisi 6-speed Graziano GT-ME1, redlines mesin ada di batas 7.000 rpm.

Rencananya, mobil super AF-10 dibanderol seharga US$ 530 ribu atau setara dengan Rp 4,7 miliar. Bahkan, buat memuaskan pelanggan, Arash AF-10 hadir dengan 17 pilihan warna.

Arash berharap bisa mencuri penjualan dari produsen supercar lain dalam skala kecil, seperti Koenigsegg dan Pagani. Bahkan, bukan tak mungkin, melemahkan kompetitor utama seperti Lamborghini dan Ferrari.

Sebagian besar bodi AF-10 terbuat dari serat karbon, termasuk chassis, yang memastikan bahwa supercar buatan Inggris ini memiliki berat tidak lebih dari 1.200 kilogram. Ini berarti bahwa AF-10 bisa mengalahkan saingan beratnya, Enzo Ferrari yang sekitar 160 kilogram lebih berat. Termasuk, Mercedes-Benz SLR McLaren yang relatif tebal hampir 500 kilogram.

Mobil ini dilengkapi pula dengan sistem transmisi gear box 6-speed Graziano GT-ME1 manual. Ada kemungkinan AF-10 memanfaatkan mesin supercharged V8 seperti Corvette ZR1 masa depan, yang akan memacu tenaga sebesar 640 hp (477kW). Dan apabila Arash sukses dengan AF-10, rencananya akan diproduksi untuk model yang lebih murah, yaitu AF-8.

Bos Arash Motor Company, Arash Farboud mengatakan, "AF-10 ini sudah empat tahun dalam produksi. Dan kami merasa sekarang saatnya untuk memperkenalkan mobil supercar ini kepada dunia."(ANS/insideline)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar