Halaman

Kamis, 27 Januari 2011

Jepang Berhasil Uji Coba Satelit Bertenaga Matahari

Liputan6.com, Tokyo: Peneliti Jepang bangga dengan keberhasilan uji coba satelit Ikaros. Seperti diwartakan kantor berita NHK, Rabu (26/1), Badan Antariksa Jepang (JAXA) telah mencapai semua tujuan pengembangan Ikaros yang menggunakan tenaga matahari.

Satelit yang disebut kapal pesiar ini diluncurkan Mei tahun silam. Pengujian dalam bidang teknologi dengan memanfaatkan sinar matahari untuk mengaktifkan penggerak. Misi Ikaros adalah percepatan melalui tenaga surya dan menentukan orbitnya dengan pengiriman sinyal dari Bumi. Tim peneliti ini menunjukkan foto Ikaros yang berhasil sampai hingga sekitar 80 ribu kilometer dari Venus pada Desember silam. Pada foto, gambar planet ini muncul dalam bentuk bulan sabit di atas layar perak.

Mereka berencana untuk terus mengoperasikan Ikaros sampai Maret tahun depan. Para peneliti ingin mengumpulkan data tentang kekuatan berlayar, untuk mengembangkan 10 kali kekuatan. Bila berhasil, Ikaros bisa digunakan untuk menyelidiki planet Jupiter yang selama ini masih misteri.(AIS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar