Halaman

Rabu, 28 September 2011

BI Borong Surat Utang Negara Rp 1,74 Triliun

(Vibiznews-Bonds&Mutual), Demi menahan penurunan harga surat utang negara (SUN) akibat guncangan di sektor finansial global, Bank Indonesia (BI) melakukan pembelian SUN Rp 1,74 triliun hari ini.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Riset Ekonomi dan Kebijakan Moneter BI Perry Warjiyo, Kamis (22/9/2011).

Perry mengatakan, BI melakukan lelang SUN di pasa sekunder dan meraih penawaran Rp 2,297 triliun, namun yang diambil BI mencapai Rp 1,74 triliun.

Sementara di tempat terpisah, Juru Bicara BI Difi Johansyah mengatakan hari ini BI melakukan sejumlah tindakan untuk menahan guncangan yang terjadi di sektor keuangan.

"Hari ini kita intervensi untuk stabilkan rupiah dan juga kita buka lelang SUN untuk kita beli SUN," katanya.

Difi mengatakan dolar AS hari ini dibuka Rp 8.900 dan sempat menyentuh nilai tertinggi di Rp 9.100 sampai akhirnya ditutup Rp 8.760.

Dirjen Pengelolaan Utang Kemenkeu Rahmat Waluyanto mengatakan, keadaan ekonomi dunia yang makin parah dan ini membuat kekhawatiran investor global makin menjadi.

Dikatakan Rahmat, hari ini harga SUN terkoreksi sampai dengan 200 bps, lalu kepemilikan asing di SUN turun sekitar 2% meskipun tidak ada masalah fundamental di dalam negeri.

"Kami terus memantau perekembangan pasar bersama BI dan Bapepam dan siap menerapkan CMP (crisis management protocol)," tukas Rahmat.

(rl/RL/vbn-dtc)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar