Halaman

Senin, 12 September 2011

Keju, Camilan Sehat Buat Si Kecil

Jakarta - Si kecil suka ngemil? Ada baiknya sediakan makanan ringan yang sehat dan bersih di rumah supaya ia tidak makan jajanan sembarangan. Beberapa jenis makanan sehat bisa dengan mudah Anda siapkan di rumah.

Mengemil merupakan kegiatan mengisi asupan nutrisi di antara jam makan. Kebiasaan ini tidak selamanya buruk. Sebab ngemil dapat membantu si kecil mengurangi rasa lapar sepanjang hari, yang memberi pasokan energi dan nutrisi penting pada tubuhnya.

Yang terpenting, perhatikan kualitas camilan buat si kecil. Buatlah camilan praktis dan sehat di rumah, seperti beberapa jenis makanan kecil ini:

Sereal
Merupakan sumber serat yang bisa membantu menjaga serta memelihara kesehatan pencernaan pada anak. Carilah sereal yang memiliki kandungan gula rendah agar tidak memicu obesitas dan kerusakan pada gigi.

Selai Kacang
Mengandung serat dan protein, namun tinggi lemak. Pilihlah selai kacang alami untuk menghindari lemak jahat, lalu tambahkan sedikit gula. Cobalah oleskan selai kacang pada biskuit atau oleskan selai kacang pada batang seledri dan taburi dengan kismis atau irisan kacang almond.

Buah Segar
Anak - anak membutuhkan 1,5 cup buah per hari. Jika ingin mendapatkan kalsium, bisa dicampur sedikit yogurt pada potongan buah segar atau beberapa irisan buah kering.

Sayuran
Potonglah sayuran dengan ukuran kecil agar mudah dimakan. Agar tidak bosan, sayuran bisa dijadikan sate. Dengan begitu si kecil tertarik untuk memakannya.

Popcorn
Popcorn mengandung bijian utuh dan serat. Pada sebuah studi disebutkan bahwa biji - bijian dapat mencegah diabetes dan penyakit jantung. Saat butiran popcorn dengan sedikit mentega dan garam bisa menjadi camilan sehat untuk si kecil.

Keju
Pastikan si kecil mendapat tambahan kalsium dan vitamin D. Sertakan lelehan keju pada makanan si kecil. Tambahkan berbagai jenis keju lunak pada sayuran dalam menu bekal si kecil

detikFood

(Odi/Odi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar