Halaman

Rabu, 14 September 2011

Ilmuwan Inggris Buat Ledakan Balon Raksasa untuk Dinginkan Iklim

Ari Saputra - detikNews London - Ilmuwan Inggris tengah membuat balon super raksasa, seukuran stadion sepakbola. Nantinya, balon berisi unsur kimia tertentu ini akan diledakan guna mendinginkan iklim bumi akibat pemanasan global.

Teknik ini dilakukan setelah ilmuwan belajar dari dampak ledakan gunung berapi. Seperti dikutip dari kantor berita reuters, Rabu (14/9/2011) para ilmuwan dari Universitas Bristol, Cambridge dan Oxford sedang menggarap proyek senilai US$ 2,5 juta tersebut.

Ledakan buatan itu akan dinamakan Injeksi Partikel Statosfer untuk Rekayasa Iklim (SPICE). Menurut para ilmuwan, ide tersebut usai mengamati efek ledakan gunung berapi yang mampu mendinginkan suhu bumi dalam periode tertentu.

"Pada tahun 1991, letusan besar Gunung Pinatubo menyuntikan 18 juta ton SO2 (sulfur oksida) ke ketinggian 30 Km. Itu memiliki efek pendinginan iklim global sekitar setengah derajat lebih dari dua tahun," kata pemimpin proyek Matt Watson kepada wartawan.

Nantinya, balon super raksasa SPICE akan ditempatkan di sebuah bandara yang tidak terpakai di Sculthorpe, 120 mil sebelah utara London. Saking besarnya balon, selang yang akan memompa balon dibuat sepanjang 1 km. Selang panjang yang memerlukan tekanan sangat hebat ini menjadi tantangan sendiri bagi ilmuwan.

"Dengan dukungan pemerintah yang kuat dan dalam situasi darurat, akan efektif bila dilakukan selama 2 dekade," kata Watson sembari menyebut setidaknya butuh 10 sampai 20 balon untuk mengurangi suhu atmosfer dengan 2 derajat.

(Ari/irw)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar