Halaman

Rabu, 07 September 2011

Dunia Tidak Akan Alami Resesi Kembali

Monexnews - Ekonomi global tidak mungkin jatuh kembali ke dalam jurang resesi, tutur Presiden World Bank Robert Zoellick. "Saya tidak percaya AS atau dunia akan alami resesi double dip meski tingkat ketidakpastian cukup tinggi," ujar Zoellick. “AS lebih cenderung alami pertumbuhan lambat dengan tingkat pengangguran yang tinggi.”

Komentar ini muncul setelah Menteri Keuangan Singapura, Tharman Shanmugaratnam, katakan dunia lebih mungkin alami resesi akibat terhambatnya pertumbuhan ekonomi AS dan Eropa. Mengenai Eropa, Zoellick utarakan Uni Eropa harus pertimbangkan kerjasama fiskal demi atasi perbedaan. "Satu satu solusi adalah perdalam serikat fiskal," kata Zoellick. “Penciptaan Fasilitas Stabilitas Keuangan Eropa dan pembelian obligasi ECB hanya bisa berikan waktu sementara bagi Eropa untuk atasi masalah yang dihadapi.”

Sementara itu, bursa saham dunia mencoba untuk pulih di sesi London. Indeks saham Inggris (FTSE) menguat 1,4% sedangkan bursa saham Jerman (DAX) dan Perancis (CAC) masing-masing naik 1% dan 0,9%. Namun, Dow futures masih terpuruk di teritori negatif meski berhasil kurangi pelemahan. (fr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar