Halaman

Senin, 26 Juli 2010

Besar Kecil Normal Alonso Menang Kontroversial, Ferrari Didenda Rp 900 Juta

TEMPO Interaktif,Hockenheim:Ferrari mendapat denda US$ 100,000 atau sekitar Rp 900 juta setelah Fernando Alonso mempertahankan peluangnya untuk meraih gelar juara dunia tetap terbuka dengan kemenangan kontroversial pada Grand Prix Jerman kemarin, meski hasil lomba tidak ada yang berubah.

Alonso, juara dunia Formula 1 dua kali merajai podium dan meraih kemenangan pertamanyasejak lomba awal musim pada Maret lalu. Namun FIA memutuskan jika Ferrari telah melanggar peraturan yang melarang perintah yang diberikan kepada pembalapnya setelah Felipe Massa memberi jalan kepada Alonso untuk mendahuluinya ketika memimpin lomba.

Menurut laman F1, pengawas lomba telah melaporkan insiden itu kepada Badan Olahraga Bermotor FIA.

Alonso, yang memulai lomba pada posisi kedua di belakang pembalap Red Bull Sebastien Vettel, bisa menyusul setelah sempat disalip Massa. Pembalap Brasil itu sempat 'menahan' laju rekan setimnya sampai lap 49 dari 67 putaran yang harus dilalui para pembalap.

Massa yang berada di sisi kiri terlihat melambatkan laju mobilnya setelah diminta tim melalui radio dan langsung memberi jalan kepada Alonso.

“Alonso lebih cepat dari Anda. Bisakah Anda mengatakan kepada saya jika Anda mengerti?” pinta Rob Smedley, teknisi mesin mobilnya. Setelah Alonso melewatinya Smedley menambahkan “ “Bagus, tetaplah berada pada posisi Anda, maaf”.

Keputusan Ferrari meinta Massa untuk memberi jalan kepada Alonso kemungkinan dfiambil berdasarkan segi teknis. Pasalnya, pembalap Spanyol itu unggul 31 poin dari rekannya sebelum lomba dimulai.

Alonso, yang merajai podium GP Bahrain, tetap bertahan di peringkat lima klasemen pembalap. Namun ia bisa menguntit pemimpin klasemen Lewis Hamilton dengan 34 poin (123-157) di sisa delapan race.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar