Halaman

Rabu, 28 Juli 2010

Sepeda digemari di Jepang

Liputan6.com, Tokyo: Bagi sebagian orang bersepeda menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan. Sayang di Indonesia masih sedikit warga yang memakai kendaraan roda dua itu. Tapi di Jepang, sepeda tak hanya menjadi alat transportasi. Bersepeda menjadi bagian gaya hidup masyarakat.

Tak hanya bersantai, pergi ke kantor dengan jas pun masyarakat Negeri Sakura tetap menggunakan sepeda. Kini Jepang tak saja menjadi negara produsen mobil, tapi juga negara pengguna sepeda terbesar di dunia. Ada 90 juta sepeda ada di Jepang. Dengan rasio satu sepeda untuk empat orang.

Kebiasaan bersepeda sudah ada sejak lama. Bermula dari orang-orang Eropa yang tinggal di Yokohama dan Kobe pada abad ke-19. Dan sejak Konferensi Pemanasan Global pada 1997 di Kyoto, pemerintah Jepang terus mengampanyekan sepeda sebagai alat transportasi. Termasuk untuk mengurangi pembuangan emisi karbon.

Tak mudah memang mengubah kebiasaan seperti yang terjadi di Jepang. Tapi pemerintah Jepang serius mengatasinya. Di antaranya dengan cara menyediakan trotoar jalan yang lebar dan rata, rambu-rambu serta jalur khusus untuk menyeberang hingga parkir resmi khusus sepeda yang aman.(AIS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar