Halaman

Jumat, 30 Juli 2010

Tiket KA bisa dibeli OnLine

Liputan6.com, Jakarta: PT Kereta Api Indonesia akan memberlakukan sistem pemesanan tiket untuk kereta api lebaran. Kini calon penumpang tidak perlu lagi antre di loket untuk mendapatkan tiket menjelang lebaran. Selain di stasiun, sekitar 30 hari sebelum tanggal keberangkatan calon penumpang bisa membeli tiket lewat ATM, kantor pos, telpon 121, dan agen perjalanan. Satu orang dibatasi hanya bisa memesan empat tiket. Hanya saja jika melewati agen perjalanan akan ada biaya tambahan.

Menurut Kepala Humas PT KA Daerah Operasional I Jakarta, Mateta Rijalulhaq, Jumat (30/7), agar tidak merugikan konsumen, PT KAI membatasi penambahan biaya maksimal 10 ribu rupiah. Selain itu sejauh ini pembelian tiket hanya bisa dilakukan lewat ATM tiga bank nasional. Sistem ini, kata Mateta, diharapkan akan menekan aksi borong para calo. Kendati belum banyak penumpang yang mengetahui sistem pemesan tiket baru ini, mereka cukup yakin sistem booking mampu membatasi gerak calo tiket.

Harga tiket bisa berubah-ubah sesuai penawaran dan permintaan. Tapi PT KAI menetapkan batas atas dan batas bawah. Sayangnya sistem online pembelian tiket ini masih belum bisa diakses lewat komputer sendiri. Untuk angkutan lebaran H-7 pembelian tiket bisa dilakukan mulai 4 Agustus mendatang.(IAN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar