Halaman

Jumat, 30 Juli 2010

Petualangan di Gunung Halimun

Liputan6.com, Sukabumi: Jika Anda masih bingung mencari lokasi untuk menghabiskan liburan akhir pekan? Mungkin berpetualang di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Sukabumi, Jawa Barat, dapat menjadi pilihan. Dibalik perjalanan yang cukup menantang, ada banyak kekayaan flora dan fauna serta keramahtamahan warga sekitar yang bisa Anda temui.

Taman nasional seluas 113.357 hektar ini merupakan kawasan konservasi di Jawa Barat dan Banten yang berada di Kabupaten Bogor, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat, dan Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Kawasan hutan hujan yang lebat ini memiliki keaneka ragaman flora dan fauna yang tinggi.

Bila Anda penggemar flora, Anda akan menemui beragam tumbuhan di sepanjang perjalanan menuju taman nasional ini, ada berbagai jenis pakis, palem hingga pohon damar yang dilindungi. Selain itu ada juga jamur glow yang dapat bersinar ditengah kegelapan malam.

Sedangkan fauna yang dapat Anda temui antara lain kera ekor panjang, dan elang jawa, dan jika Anda beruntung macan tutul jawa yang sudah langka bisa juga dijumpai disini. Untuk dapat menikmati keindahan alam dan ragam satwa yang menghuni taman nasional, pastikan Anda menggunakan kendaraan berpenggerak roda empat yang memiliki kemampuan jelajah segala medan.

Sebagai tempat menginap ada pilihan homestay atau tinggal di rumah penduduk, ada juga sejumlah tenda yang dapat Anda sewa. Anda juga tidak perlu repot-repot membawa makanan dari rumah, cukup menikmati masakan tuan rumah dengan merogoh kocek Rp 25 ribu rupiah per sekali makan.

Tak hanya turis lokal yang memilih tinggal homestay di sana, tapi juga turis asing. Keindahan alam yang begitu mempesona memberikan ketenangan dan ketentraman bagi mereka, baik untuk sekedar liburan maupun melakukan penelitian. "Keindahan yang alam yang luar biasa," tutur Sarah Creachbaum, Kepala Taman Nasional Haleakala, Hawaii, Amerika Serikat.

Kekaguman bangsa asing mungkin tak cukup meyakinkan Anda betapa indahnya Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Ada baiknya Anda langsung menikmatinya bersama keluarga, handai taulan, atau mungkin orang yang sangat spesial bagi Anda sebagai alternatif berlibur.(AYB)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar