Halaman

Kamis, 18 Agustus 2011

Calon Mobil Listrik Tercepat di Dunia

Jakarta - Selama ini banyak orang meragukan kalau mobil listrik bisa berlari kencang. Tapi sepertinya anggapan itu harus segera disingkirkan ketika mobil ini lahir. Sebab mobil ini diprediksi bisa menjadi mobil listrik tercepat di dunia dengan kemampuan berlari sampai 500 km perjam.

Mobil konsep yang mengambil inspirasi dari desain jet tempur ini dirancang oleh Filip Tejszerski dan bila terealisasi dianggap sebagai mobil tercepat di bumi.

Desain tubuh, mobil bernama B7 Electric Super Race Car ini terlihat mengandalkan aerodinamika tinggi yang mampu memotong angin agar bisa terlus berlari. Di dapur pacunya, ketangguhan B7 tidak membuatnya jadi musuh lingkungan.

Sebaliknya, B7 di desain untuk bersahabat dengan alam berkat teknologi listrik yang dinamakan supercapasitor yang mampu mendongkrak tenaga asli mobil ini hingga bisa berlari hingga 400-500 km perjam.

Kapasitor super ini diperkuat mesin V8 yang konvensional yang mendapat tenaga dari bahan bakar gas LPG. Kekuatan mesin ini digunakan sebagai generator yang mengisi tenaga ke baterai, jadi mesin ini sama sekali tidak berhubungan dengan roda kendaraan.

Kemudian teknologi supercapasitor ini berpadu dengan Speed and Control Computer (SCC) yang mampu mengontrol kecepatan lari dan kekuatan mobil serta mengontrol traksi, suspensi dan mencari tambahan tenaga angin ketika pengendara ingin mempercepat atau memperlambat laju kendaraan seperti halnya pesawat.

Di bagian kabin, tidak tampak lagi nuansa kabin mobil di bagian dalam B7 tapi sudah seperti kokpit jet tempur. Pengendara dan co-driver menempati ruang di tengah. Pengemudi di depan dan co-driver di belakang, lagi-lagi seperti di jet tempur.

( syu / ddn )
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar