Halaman

Selasa, 23 Agustus 2011

Harga Emas Tembus Rekor di Atas 1900 Dolar

(Vibiznews – Commodity) – Pada penutupan perdagangan di bursa Nymex dini hari tadi harga emas tampak mengalami kenaikan dan melanjutkan rally-nya (23/08). Harga emas kembali mencetak rekor tertinggi dan menembus level 1900 dolar di tengah makin maraknya perburuan terhadap aset safe haven di tengah kondisi ekonomi yang masih carut-marut.

Goldman Sachs Group Inc. menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi tahun 2011 di AS di tengah sinyal bahwa pemulihan ekonomi di negara tersebut mulai kehilangan momentum. Sebelumnya Citigroup dan JPMorgan Chase juga telah menurunkan proyeksi pertumbuhan di negara tersebut. Dari Eropa diberitakan bahwa kanselir Jerman Angela Merkel akan menghentikan perundingan mengenai kemungkinan penjualan obligasi euro untuk mengatasi krisis utang.

Harga emas spot tampak mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Harga emas spot ini ditutup pada posisi 1898.70 dolar per troy ons atau membukukan kenaikan sebesar 46.7 dolar dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya. Harga emas spot tersebut sempat mencetak rekor tertinggi pada posisi 1900.10 dolar per troy ons.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memperkirakan bahwa pergerakan harga emas masih akan cenderung berada dalam trend bullish. Kenaikan harga masih dimungkinkan karena saat ini pelaku pasar masih mencari aset safe haven. Diperkirakan harga emas akan kembali mencoba menembus level rekor terbaru makin jauh di atas 1900 dolar.

(Ika Akbarwati/IA/vbn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar