Halaman

Jumat, 12 Agustus 2011

Gimana Sih Cara Dapatkan Beasiswa Luar Negeri?

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bisa mendapatkan beasiswa ke luar negeri tentunya menjadi impian setiap mahasiswa maupun para pekerja. Tapi terkadang, setelah berusaha sekali dua kali ternyata tidak pernah ada hasil, membuat kita malas untuk mengulanginya lagi.

Bagaimana sih sebenarnya tips untuk mendapatkan beasiswa?

Penulis buku 'Lima Menara', Ahmad Fuadi yang pernah mendapatkan beasiswa Fulbright untuk kuliah S2 di School of Media and Public Affairs, George Washington University, beasiswa Chevening di Royal Holloway, University of London untuk bidang film dokumenter berbagi tips mendapatkan beasiswa.

Tips ini disampaikan mantan wartawan majalah nasional tersebut saat diskusi interaktif "Menjembatani Dua Budaya melalui Program Magang Internasional" di Hotel Four Season, Jakarta, Jumat (12/8/2011).

- Punya keyakinan banyak beasiswa berhamburan
Jika ingin mendapatkannya, yakinkan tawaran beasiswa banyak sekali. Bisa diibaratkan buah mangga di tengah masa panen, artinya dimana-mana ada beasiswa. Untuk mendapatkan buah mangga tentunya tidak hanya main tunjuk tapi harus memanjat untuk mengambilnya.

- Jangan pernah putus asa
Gagal mendapatkan beasiswa adalah hal yang biasa. Jangan pernah putus asa. Bukankah kegagalan adalah sukses yang tertunda. Terkadang seseorang harus berusaha mencari beasiswa selama kurang lebih setahun hingga akhirnya mendapatkan beasiswa.

- Beasiswa belum tentu didesain bukan orang pintar
Terkadang kita pesimistis atau minder mengajukan dirinya mendapatkan beasiswa. Padahal belum tentu beasiswa ke luar negeri diperuntukan bagi orang pandai. Jadi kuncinya adalah kita berusaha melakukan lebih dari usaha yang dilakukan orang lain. Usaha keras pasti akan membuahkan hasil yang baik.

- Aplikasi tidak boleh salah
Umumnya beasiswa yang ditawarkan menjadi rebutan, ratusan bahkan sampai ribuan namun yang dipilih jauh lebih sedikit. Untuk itu kuncinya dalam pengajuan beasiswa, jangan sampai salah membuat aplikasi, jangan sampai error. Aplikasi harus perfect, jangan coret. Jangan hanya langsung kirim aplikasi.

- Kenali pewawancara
Jika memasuki wawancara, kenali dulu atau dapatkan informasi orang yang akan mengetes kita. Seseorang yang pernah gagal akan mendapatkan pengalaman dan akan mendapatkan keuntungan tambahan pengetahuan.


Penulis: Eko Sutriyanto | Editor: Dewi Agustina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar