Halaman

Kamis, 23 Juni 2011

Menjadi Barista dalam Tiga Hari

Liputan6.com, Jakarta: Rasa kopi berbeda-beda dari setiap kafe. Selain jenis biji kopi yang digunakan, bisa jadi karena proses pembuatan oleh para barista atau ahli penyeduh kopi yang berbeda-beda. Selain itu, terdapat pula berbagai teknik menyeduh kopi.

Dengan cara tradisional seperti pour over atau menuangkan air panas secara perlahan-lahan di atas biji kopi yang sudah digiling. Teknik dari Jepang ini membutuhkan air dengan panas 90 derajat Celcius. Gerakan memutar untuk menuangkan air dilakukan untuk memastikan seluruh bagian kopi terseduh.

Lain lagi jika menggunakan mesin modern yang dikenal dengan sebutan espresso machine yang bisa menghasilkan espresso atau kopi kental. Mula-mula biji kopi digiling hingga halus, semakin halus maka semakin keras pula rasanya. Setelah itu menggunakan alat yang bernama tamper untuk memadatkan kopi giling agar sari kopi benar-benar keluar.

Menyeduh kopi siap saji mungkin sudah menjadi ritual jutaan rakyat Indoneisa, namun menikmati kopi ala Italia juga menjadi suatu tren baru. Bagi Anda yang ingin menyeduh kopi sendiri dengan kenikmatan yang tidak kalah dari kafe-kafe, mungkin bisa mengikuti kursus barista dengan masa pelatihan hanya dalam tiga hari. Kursus barista pun kini sudah merambah Jakarta.(ADO)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar