Halaman

Senin, 20 Juni 2011

Niat Berolahraga Tingkatkan Nafsu Makan

Liputan6.com, New York: Olahraga adalah cara ampuh untuk menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan tubuh. Namun, tahukan Anda jika niat untuk berolahraga saja dapat meningkatkan nafsu makan? Hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli di Universitas Cornell membuktikannya.

Dalam penelitian ini partisipan dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama diminta untuk membayangkan berjalan kaki selama 30 menit ditemani alunan musik favorit mereka. Sedangkan, kelompok kedua diminta untuk fokus membayangkan berjalan kaki dalam jangka waktu yang sama tanpa musik. Sementara kelompok ketiga diminta untuk tidak melakukan keduanya.

Ditemukan mereka yang ada di kelompok pertama mengonsumsi kalori hingga 701 kalori, kelompok kedua 601 kalori dan kelompok ketiga 361 kalori. Para ahli beranggapan teori bawah sadar memegang peranan penting dalam kasus ini. Ketika seseorang membayangkan dirinya kelelahan setelah berolahraga, maka secara otomatis ia akan menginginkan untuk mengonsumsi lebih banyak makanan.

"Hanya membayangkan berolahraga, peserta mengarah untuk melayani dirinya sendiri lebih banyak makanan," kata pimpinan penelitian, Brian Wansink. Para peneliti juga menyarankan mereka yang ingin menurunkan berat badan untuk melakukan diet sehat. Karena berolahraga tidak akan menyelesaikan masalah berat badan berlebih.(Zeenews/ADO)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar