Halaman

Rabu, 01 Juni 2011

Minum Teh Hijau + Tai Chi = Tulang Sehat

Liputan6.com, Texas: Teh hijau telah dibuktikan banyak memiliki keuntungan bagi kesehatan manusia. Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa orang yang sering mengonsumsi teh hijau cenderung memiliki risiko yang lebih rendah dari beberapa penyakit degeneratif kronis, seperti penyakit jantung dan osteoporosis.

Dan, sebuah penelitian terbaru telah menunjukkan bahwa meminum teh hijau dibarengi berlatih tai chi dapat meningkatkan kesehatan tulang serta mengurangi risiko peradangan pada wanita menopause. Hasil penelitian ini dipresentasikan pada pertemuan Experimental Biology pada 10 April lalu.

Peneliti Chwan-Li Shen, seorang profesor dan seorang peneliti di Laura W. Bush Institute for Women's Health di Texas Tech University Health Sciences Center, berfokus pada wanita menopause dan meneliti potensi teh hijau yang bekerja secara sinergis dengan tai chi tenyata dapat meningkatkan kekuatan tulang.

Penelitian ini melibatkan 171 wanita postmenopause yang memiliki tulang lemah tetapi tidak osteoporosis secara penuh, selama enam bulan. Kemudian, ia menempatkan wanita-wanita tersebut ke dalam empat kelompok. Satu kelompok diberi obat plasebo dan tanpa tai chi, yang kedua diberikan pil teh hijau dan tanpa tai chi, yang ketiga diberi pil plasebo dan aktivitas tai chi tiga kali seminggu, sedangkan kelompok keempat diberikan pil teh hijau dan tai chi.

Kemudian, Shen mengumpulkan sampel darah dan urine mereka, serta menilai kekuatan otot para wanita tersebut. Hasil penelitian menunjukkan mengkonsumsi setara empat sampai enam cangkir teh hijau dan melakukan tai chi dapat meningkatkan kesehatan tulang dalam waktu tiga bulan. Efek yang sama juga ditemukan untuk kekuatan otot pada titik waktu 6-bulan. (Zeenews/JAY/MEL)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar